Analisis Komunikasi Persuasif Pada Film Ayat-ayat Cinta 2 Dalam Scenes Moderasi Beragama Model Roland Barthes

Nisa, Khoirun (2023) Analisis Komunikasi Persuasif Pada Film Ayat-ayat Cinta 2 Dalam Scenes Moderasi Beragama Model Roland Barthes. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi Persuasif merupakan proses komunikasi kepada seseorang yang bertujuan mengubah pola pikir, sikap, statment maupun tingkah laku tanpa menggunakan paksaan dan kekerasan apapun. Dalam dunia perfilman Indonesia terdapat kesempatan besar bagi sineas dakwah untuk mengemas anggun dakwahnya dalam sebuah film, dalam menyampaikan dakwah ada kesempatan gagal dan berhasil. Namun itu sudah tidak menjadi urusan manusia tugas manusia hanya menyampaikan urusan diterima atau tidak itu urusan Allah SWT. Tujuan penelitian ini untuk mengupas komunikasi persuasif yang terdapat dalam film Ayat-ayat Cinta 2 pada scenes moderasi beragama sebagai bukti bahwa agama islam merupakan rahmatan lil’alamin yang di implementasikan melalui strategi, metode, maupun efektivitas persuasif unik untuk mencapai keharmonisan keberagamaan. Analisis Komunikasi Persuasif Pada Film Ayat-ayat Cinta 2 Dalam Scenes Moderasi Beragama Model Roland Barthes menggunakan pendekatan kepustakaan atau literature dan jenis penelitian kualitatif deskriptif kemudian di kerucutkan dengan teori komunikasi persuasif milik Ezi Hendri dan analisis semiotika Roland Barthes. Pada film Ayat-ayat Cinta 2 ini terdapat 8 scenes moderasi beragama yang menggunakan pendekatan komunikasi persuasif dalam menanggulangi kasus intoleransi. Antara lain yaitu: 1) Teori keseimbangan, 2) Strategi komunikasi persuasif, 3) Teknis komunikasi persuasif, the yes response technique, 4) Efektivitas person persuasif, tujuan yang realistis, 5) Tujuan dakwah persuasif, 6) Komunikasi tatap muka, actions reaction interdependence, 7) Factor pembentuk sikap, 8) Kepribadian, kemantapan emosional. Delapan konsep tersebut terlihat berhasil dalam upaya memperkecil skala kasus intoleran yang ada didalam film. Menonjolkan bahwa film Ayat-ayat Cinta 2 ini dapat diterima dan memberi contoh baik kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBastomi, HasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Komunikasi Persuasif, Moderasi Beragama
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:10
Last Modified: 09 Aug 2023 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10809

Actions (login required)

View Item View Item