Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal GusJiGang terhadap Penanaman Karakter dan Hasil Belajar pada MTs Swasta Putri

Irawan, Mega Audina (2023) Implementasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal GusJiGang terhadap Penanaman Karakter dan Hasil Belajar pada MTs Swasta Putri. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (143kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (228kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal GusJiGang terhadap penanaman karakter dan hasil belajar pada MTs Mu’allimat NU Kudus dan juga menganalisis bentuk pelaksanaan GusJiGang serta menganaisis hasil implementasi GusJiGang terhadap penanaman karakter dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di MTs Mu’allimat NU Kudus. Pada penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran kearifan lokal GusJiGang terhadap penanaman karakter dan hasil belajar pada MTs swasta putri. (2) Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan GusJiGang terhadap penanaman karakter dan hasil belajar pada MTs swasta putri. (3) Untuk mengetahui hasil implementasi GusJiGang terhadap penanaman karakter dan hasil belajar pada MTs swasta putri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang diangkat dari lapangan karena peneliti menggunakan penelitian di instansi madrasah yaitu MTs Mu’allimat NU Kudus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dilapangan, wawancara dengan kepala madrasah, guru dan peserta didik, juga dokumentasi berupa foto kegiatan dan foto saat wawancara dan dokumen lainnya seperti sejarah, visi, misi, tujuan madrasah dan sturktur kepengurusan. Uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Dalam Teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, display, verification, yaitu memilih data yang akan digunakan, lalu dipaparkan dengan jelas dan dicari kesimpulannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal GusJiGang terhadap penanaman karakter dan hasil belajar pada MTs Mu’allimat NU Kudus, adanya penanaman karakter berbasis kearifan lokal GusJiGang terhadap hasil belajar yaitu supaya anak memiliki karakter yang sesuai dan seperti yang diharapkan oleh madrasah dan orang tua sesuai dengan kearifan lokal. (2) Bentuk pelaksanaan GusJiGang terhadap penanaman karakter dan hasil belajar, bentuk nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dapat dilihat dari nilai kedisiplinan, nilai religi, nilai demokratis, serta kreatif (seorang peserta didik diharuskan untuk dapat berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki). (3) Hasil implementasi GusJiGang tehadap penanaman karakter dan hasil belajar, pembentukan karakter tanggung jawab dan peduli sosial seorang guru dan peserta didik dipengaruhi oleh beberapa unsur yaitu, cara seorang kepala madrasah memimpin mengarahkan anggotanya yang berdampak pada pembentukan karakter guru dan peserta didik, oleh karena itu seorang kepala madrasah berperan besar terhadap kualitas dan kuantitas guru dan peserta didik sehingga berdampak pada pembentukan karakter peduli sosial dan tanggung jawab atas sebagaimana data yang diperoleh di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalaq, YusufUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, GUSJIGANG, dan Karakter
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:51
Last Modified: 11 Aug 2023 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10822

Actions (login required)

View Item View Item