Peran Istri Sebagai Pencari Nafkah Utama dalam Menjaga Keharmonisan Keluarga Prespektif Gender dan Hukum Islam (Studi Kasus TKW di Desa Plosorejo Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati)

Rohmah, Itsna Yuliar (2023) Peran Istri Sebagai Pencari Nafkah Utama dalam Menjaga Keharmonisan Keluarga Prespektif Gender dan Hukum Islam (Studi Kasus TKW di Desa Plosorejo Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (610kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (500kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (651kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (830kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam dampak keharmonisan keluarga di Desa Plosorejo Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati dengan istri menjadi TKW sebagai pencari nafkah keluarga; 2) untuk menganalisis peran istri sebagai pencari nafkah utama dalam menjaga keharmonisan keluarga pada keluarga TKW di Desa Plosorejo Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati dengan prespektif gender. 3) untuk mendeskripsikan prespektif hukum Islam terhadap peran istri sebagai pencari nafkah utama dalam menjaga keharmonisan keluarga pada keluarga TKW di Desa Plosorejo Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Metode yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Penggalian data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumen. Subjek dalam penelitian ini, yaitu delapan TKW beserta keluarga, Carik, Ketua RT 3 RW 2 Desa Plosorejo Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data yang dikembangkan yaitu perpanjangan pengamatan, member check, dan triangulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) terdapat dua dampak keharmonisan keluarga di Desa Plosorejo Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati dengan istri menjadi TKW sebagai pencari nafkah keluarga yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak positif yaitu: a) menjadikan finansial keluarga stabil, b) mengurangi angka perceraian yang diakibatkan masalah finansial, c) saling mengerti kondisi satu sama lain, dampak negatif yaitu: a) kurangnya waktu untuk keluarga, b) konflik batin suami dan istri, c) kurangnya kasih sayang ibu terhadap anak. 2) Menurut analisis gender terhadap peran istri sebagai pencari nafkah utama yang bekerja menjadi TKW di luar negeri adalah sebuah pertukaran peran antara suami dan istri. Dengan demikian adanya diskriminasi dalam fenomena ini tidaklah benar adanya, sebab seorang perempuan juga memiliki potensi dan kemampuan seperti halnya laki-laki, dan keduanya hanyalah seorang hamba yang memiliki kedudukan sama di mata Allah SWT. 3) adapun pandangan hukum Islam terhadap peran istri menjadi TKW sebagai pencari nafkah utama jika ditimbang dari masalah dan dan kepentingannya termasuk mengikuti teori qira’ah mubadallah. Kebutuhan nafkah dalam keluarga adalah tanggung jawab bersama, sehingga perlu kerja sama antara keduanya. Keduanya bisa berbagi peran sesuai kebutuhan, saling mengerti, saling mengisi, dan saling menguatkan dalam mengemban tugas dan amanah rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtabik, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorZafi, Ashif AzUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Nafkah, Keluarga Harmonis, Gender, Hukum Islam
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:31
Last Modified: 11 Aug 2023 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10829

Actions (login required)

View Item View Item