Penggunaan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis di MA NU Maarif Kudus

Nafilah, Rahayu Silvi (2023) Penggunaan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis di MA NU Maarif Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui sejauh mana penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran Al-Qur'an Hadis pada siswa MA NU Ma'arif Kudusdi masa pandemi covid-19. 2) Untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan smartphone sebagai media pembelajar Al-Qur'an Hadis pada siswa MA NU Ma'arif Kudus di masa pandemi covid-19. 3) Untuk mengetahui bagaimana solusi dari faktor penghambat dalam penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran Al-Qur'an Hadis pada siswa MA NU Ma'arif Kudus di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan murid. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Penggunaan smartphone pada masa pembelajaran daring di MA NU Ma’arif Kudus pada mata pelajaran Al-Qur'an dan Hadis meliputi: 1) Siswa lebih bisa mengexplore materi pembelajaran dari internet dan dapat menambah khasanah keilmuan mereka 2) dengan menggunakan smparphone waktu dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI di MA NU Ma’arif Kudus lebih fleksibel 3) produktifitas, efektivitas dan krastifitas guru PAI dalam sistem pembelanjaran daring menggunakan smartphone bertambah banyak dengan bisa menguasai beberapa macam metode pembelajaran dengan menggunakan e-learning. Kedua, Ada 3 (tiga) faktor penghambat dalam penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran diantaranya ialah: pertama, siswa yang gaptek akan teknologi; kedua, dari beberapa siswa smartphonenya masih kurang support untuk dipasang beberapa aplikasi yang dibutuhkan untuk pembelajaran online; ketiga, jaringan internet. Adanya pemberian kuaota gratis buat siswa agar pembelajaran menggunakan smartphone bisa berjalan dengan sesuai rencana adanya video tutorial bagaimana cara menggunakan google meet. Ketiga, Solusi yang bisa diberikan oleh pihak sekolah adalah dengan menyediakan video tutorial yang di upload ke aplikasi YouTube. Isi dari tutorial tersebut menjelaskan bagian cara menggunakan aplikasi google meet dan penjelasan lainya terkait sistem pembelajaran online. Bukan hanya itu saja, pihak madrasah juga mengundang orangtua untuk melakukan rapat dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga dengan diadakannya rapat oleh pihak madrasah guna memberi arahan terkait pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19 sehingga terkait dengan kebutuhan yang dirasa perlu bisa disampaikan guna meningkatkan sistem pembelajaran daring akan disampaikan kala rapat itu juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Thesis advisorIsnawati, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Media Pembelajaran, Daring, Al-Qur’an dan Hadis.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:01
Last Modified: 15 Aug 2023 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item