Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Ilmu Qur’an (MIQ) TBS Kudus

Rahmawati, Aulia (2023) Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Ilmu Qur’an (MIQ) TBS Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penerapan program Madrasah Ilmu Qur’an (MIQ) TBS Kudus yakni khatam membaca al-Qur’an 30 juz dengan disimak oleh guru MIQ yang bersanad jelas, dilakukan setiap awal pembelajarannya merupakan bentuk pendampingan bagi siswa untuk meningkatkan kefasihannya dalam membaca al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembabelajaran baca tulis al-Qur’an, kefasihan bacaan al-Qur’an siswa, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran baca tulis al-Qur’an siswa dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an di MIQ TBS Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder dengan subjek penelitian, kepala sekolah, guru MIQ, serta peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan Uji Credibility, Uji Dependability, Transferbility, dan Uji Confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pembelajaran al-Qur’an yang dilakukan di setiap awal pembelajaran dengan metode musyafahah disimak langsung oleh guru MIQ yang bersanad sesuai dengan tujuan pembelajaran BTQ. (2) Kefasihan bacaan siswa MIQ TBS Kudus mengalami peningkatan dengan adanya pembelajaran tadarus yang dilakukan setiap awal pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan disimak oleh guru, siswa mengetahui letak kesalahannya dan mengingat-ingatnya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. (3) Beberapa faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di MIQ TBS Kudus yakni siswa memiliki kemampuan dasar yang baik, motivasi siswa yang tinggi, motivasi dari orang tua, guru yang berkompeten, serta sarana prasarana madrasah yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yakni adanya siswa yang jarang hadir dan adanya siswi yang baligh karena sudah haidl.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis al-Qur’an (BTQ), kefasihan membaca al-Qur’an, MIQ (Madrasah Ilmu Qur’an)
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:14
Last Modified: 21 Aug 2023 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10878

Actions (login required)

View Item View Item