Strategi Pemberdayaan Wirausaha Melalui Aplikasi Market Place Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Langgar Dalem Kecamatan Kota Kabupaten Kudus

Pradana, Saifi Bayu (2023) Strategi Pemberdayaan Wirausaha Melalui Aplikasi Market Place Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Langgar Dalem Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (560kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (992kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bentuk wirausaha di Desa Langgar Dalem Kecamatan Kota Kabupaten Kudus (2) Mendeskripsikan strategi pemberdayaan wirausaha dalam meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Langgar Dalem Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Fokus penelitian ini di strategi pemasaran untuk menambah penghasilan dari salah satu wirausaha di Desa Langgar Dalem. Kegiatan promosi yang dilakukan ekspedisi paket REX Kudus pada aplikasi Facebook dan penjualan madu lewat aplikasi Facebook dan aplikasi Shopee. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Wawasan deskriptif adalah penelitian yang berusaha untuk menggambarkan solusi untuk masalah yang ada berdasarkan data, dengan menyajikan, menganalisis, dan menginterpretasikan data tersebut. Sumber data peneliti berasal dari observasi, wawancara dengan beberapa narasumber yaitu pemilik usaha REX Kudus, pemilik usaha madu, pengirim paket REX Kudus, warga Desa Langgar Dalem dan dokumentasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk wirausaha Di Desa Langgar dalem. Kebanyakan menjadi wirausaha daripada kerja pabrik. Pertama, usaha ekspedisi paket REX Kudus. Strategi pemberdayaan wirausaha ini berfokus pada aplikasi market place Facebook yaitu dengan mempromosikan ekspedisi paket tersebut. Dalam strategi ini bisa menambah penghasilan. Kegiatan promosi bisa lebih mengenalkan khususnya di Kudus, sehingga dapat meningkatkan ekonomi di REX Kudus. Kedua, penjualan madu. Kegiatan penjualannya lewat aplikasi Facebook dan aplikasi Shopee. Fokusnya di strategi pemasaran untuk menambah penghasilan. Setelah strategi pemasaran berhasil, konsumen akan datang dengan sendirinya. Jika cara mencari konsumen ditambah lagi dengan cara online maka penghasilan menjadi bertambah. Oleh sebab itu berdagang lewat online dapat menjadi masukan dalam wirausaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, AkhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemberdayaan, wirausaha, Aplikasi Market Place, Ekonomi Keluarga
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:46
Last Modified: 22 Aug 2023 03:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10883

Actions (login required)

View Item View Item