Kajian Etno-STEAM pada Potensi Lokal Kriya Ukir Jepara sebagai Sumber Pembelajaran IPA SMP/MTs

Fanika, Noor (2023) Kajian Etno-STEAM pada Potensi Lokal Kriya Ukir Jepara sebagai Sumber Pembelajaran IPA SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (758kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB)

Abstract

Ketersediaan bahan ajar yang digunakan di MTs NU Khoiriyyah belum mengintegrasikan potensi lokal daerah. Selama proses pembelajaran guru masih menggunakan sumber belajar dari buku paket dan buku LKS yang disediakan dari sekolah sebagai sumber belajar utama. Sumber belajar tersebut belum mampu menjadi jalan keluar dari permasalahan pemahaman konsep IPA oleh peserta didik. Hal tersebut dikarenakan aspek potensi lokal daerah belum termuat di dalamnya sehingga peserta didik belum mampu mengonstruk konsep sendiri. Etno-STEAM adalah pembelajaran berbasis budaya dengan pendekatan STEAM yang diharapkan dapat menjadi solusi terhadap masalah yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengkaji proses pembuatan kerajinan ukir kayu (ii) mencari aspek-aspek STEAM yang terdapat dalam aktivitas pembuatan kerajinan ukir kayu (iii) memetakan keterampilan dasar pembuatan kerajinan kayu dengan kompetensi dasar IPA. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan eksplorasi. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil kajian etnosains terlihat pada pemahaman masyarakat lokal mengenai gebyok ukir kayu dan tahap pembuatannya, meliputi aktivitas: pemilihan bahan, pengukuran dan pemotongan kayu, penempelan hasil desain, bobok kayu, pengukiran kayu, perakitan kayu, penghalusan ukiran kayu dan pewarnaan dasar kayu, memuat konsep sains asli yang dapat diterjemahkan menjadi sains ilmiah. 2) Aspek science terdapat pengetahuan konsep materi besaran, gaya gesek, usaha dan pesawat sederhana, induksi elektromagnetik, klasifikasi makhluk hidup, serta sifat dan pemanfaatan bahan. Technology yang digunakan adalah mesin fotocopy, mesin potong kayu, mesin bobok kayu, mesin penghalus kayu, alat spray gun dan gadget. Aspek engineering yang ditemukan pada proses pembuatan kerajinan ukir kayu adalah teknik-teknik mengukir kayu. Aspek Art yang ditemukan adalah berbagai macam motif majapahit kudusan pada ukiran gebyok ukir. Aspek mathematics yang ditemukan pada pembuatan kerajinan ukir kayu adalah tiga aktivitas fundamental matematis antara lain counting (menghitung), measuring (mengukur) dan designing (desain) serta materi pada jenjang SMP. 3) Implementasi hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk pemetaan kompetensi dasar IPA yang memiliki keterkaitan dengan keterampilan dasar pembuatan kerajinan ukir kayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrasetyo, Dody RahayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etnosains, STEAM, Kerajinan Ukir Kayu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:27
Last Modified: 23 Aug 2023 01:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10886

Actions (login required)

View Item View Item