Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Islami pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Matholiul Huda 02 Troso Pecangaan Jepara

Yunita, Vera Dina (2023) Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Islami pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Matholiul Huda 02 Troso Pecangaan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (805kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran aktif, kreatif, dan islami dan juga untuk mengetahui hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif, kreatif, dann islami pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di di MI Matholiul Huda 02 Troso Pecangaan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan peneliti dengan melakukan triangulasi data (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu). Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Implementasi strategi pembelajaran aktif, kreatif, dan islami pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di MI Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara, dapat dilihat dari keaktifan siswa saat proses pembelajaran sedikitnya ada 5 anak yang bertanya, selain itu siwa aktif membaca materi yang akan dipelajari. Dilihat dari kekreatifan siswa saat proses pembelajaran, siswa mampu menyatakan pendapatnya saat diskusi dengan kelompoknya, siswa mampu memecahkan persoalan yang ada saat kegiatan pembelajaran. Dilihat dari pembelajaran islami, mengaitkan antara materi dengan ayat Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 10-11 bahwanya Allah menciptakan segala sesuatu tidak ada yang sia-sia selalu ada manfaatnya. Hal ini dapat memotivasi peserta didik untuk lebih bersyukur dengan nikmat Tuhan dan dapat mengambil hikmah bahwa Tuhan yang berkuasa atas segala peristiwa alam. (2) hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif, kreatif, dan islami dapat dilihat dari tiga ranah yaitu pegetahuan (Kognitif), sikap (afektif), dan ketrampilan (psikomotor). Dari aspek kognitif dapat kita lihat dari prestasi peserta didik dalam mengerjakan soal ulangan harian atau ketepatan dalam tanya jawab saat proses kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini ada 3 siswa siswa yang belum tuntas dan 21 lainnya telah tuntas. Sebagaimana ditentukan dalam kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah nilai 75 (tujuh puluh lima). Adapun nilai afektif dan psikomotor belum begitu tampak pada peserta didik karena masih biasa biasa saja dan hanya sebagai pelengkap saja, karena ranah kognitiflah yang masih diutamakan sebagai kelulusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZafi, Ashif AzUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran aktif, kreatif, dan islami, hasil belajar siswa, mata pelajaran IPA.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:09
Last Modified: 28 Aug 2023 01:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10902

Actions (login required)

View Item View Item