Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Hidayah, Noor (2023) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (668kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (578kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (540kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (393kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (333kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas IV mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar kelas IV mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. 4) Untuk mendeskripsikan tentang pengaruh motivasi belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket, wawancara dan mengambil nilai post test mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas IV di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus sebanyak 29 siswa dan dibantu dengan program olah data SPSS versi 26.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran akidah akhlak, dengan persamaan regresi Ŷ = 32,463 + 0,710 X1. Sedangkan hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar adalah positif dan cukup signifikan sebesar 0,660 termasuk dalam kategori kuat. Jadi, motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 43,6% terhadap hasil hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. 2) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran akidah akhlak, dengan persamaan regresi Ŷ = 26,935+ 0,803X2. Sedangkan hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar adalah positif dan cukup signifikan sebesar 0,841 termasuk dalam kategori sangat kuat. Jadi, motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 70,7% terhadap hasil hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. 3) Motivasi belajar dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran akidah akhlak, dengan persamaan regresi Ŷ = 22,18 + 0,164 X1+ 0,703 X2 dan secara simultan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar siswa sebesar 0,848 termasuk dalam kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil koefisien determinasi, peneliti menyimpulkan bahwa motivasi belajar dan kecerdasan emosional secara simultan memberikan kontribusi sebesar 72,0% terhadap hasil hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran akidah akhlak di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorRohimi, PrimiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:27
Last Modified: 29 Aug 2023 01:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10916

Actions (login required)

View Item View Item