Laksono, Adib (2023) Efektifitas Program Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di MA Darul Ulum Ngembalrejo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (307kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (482kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (244kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (613kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (151kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan profesionalisme Guru PAI di MA Darul Ulum Ngembalrejo Kudus. (2) Mendeskripsikan Kondisi Sertifikasi Guru di MA Darul Ulum Ngembalrejo Kudus. (3) Mendeskripsikan Efektifitas Program Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di MA Darul Ulum Ngembalrejo Kudus. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research atau lapangan, bertujuan untuk melihat gejala-gejala sosial atau fakta-fakta sosial yang dikaitkan dengan suatu teori yang berhubungan dengan gejala atau fakta tersebut. Subjek penelitian ini yaitu 2 guru yang mengampu mata pelajaran Akidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, interview dengan kepala madrasah, dan dua guru yang bersertifikasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Semua data dianalisis secara deskriptif yaitu melingkupi Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Kesimpulan dan Verifikasi (Verification Conclucion Drawing). Berdasarkan hasil penelitian, menyimpulkan bahwa profesionalisme guru PAI di MA Darul Ulum Ngembalrejo Kudus telah diupayakan untuk menguasai dan meningkatkan kriteria guru profesional mengikuti standar indikator dan aspek-aspek untuk menjadi guru professional. Adapun kondisi yang ada di lembaga MA Darul Ulum Ngembalrejo Kudus guru bersertifikasi lebih disiplin daripada guru yang belum bersertifikasi, sebab adanya sertifikasi memberikan perubahan terhadap kinerja guru salah satunya harus selalu mengupayakan segala cara dalam meningkatkan standar profesionalisme, baik secara penguasaan materi, kemampuan dan keterampilan yang dimiliki guru. Tujuannya agar dapat mengembangkan materi dalam menunjang pembelajaran yang diterapkan dilembaga MA Darul Ulum Ngembalrejo Kudus. Sehingga guru yang sudah sertifikasi juga menerapkan beberapa metode, strategi dan media. Metode yang digunakan diantaranya metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode presentasi dan metode demonstrasi. Efektifitas program sertifikasi guru dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MA Darul Ulum Ngembalrejo Kudus berjalan efektif, sehingga dalam proses pembelajarannya berjalan dengan baik dan rapi. Karena tercapainya tujuan pembelajaran dan meningkatnya hasil belajar dan prestasi siswa dalam non akademik maupun akademik pada mata pelajaran Akidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam karena adanya guru PAI yang bersertifikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Sertifikasi, Profesionalisme | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2023 01:30 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2023 01:30 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10917 |
Actions (login required)
View Item |