Millati, Nabila Auni (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran IPAS di SD 3 Garung lor Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (354kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (489kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (482kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (300kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (458kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (363kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) |
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS Di SD 3 Garung Lor Kaliwungu Kudus. 2) Bagaimana problematika dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di SD 3 Garung Lor Kaliwungu Kudus. 3) Bagaimana upaya dalam mengatasi problematika implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS Di SD 3 Garung Lor Kaliwungu Kudus?. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui terutama terkait dengan impelementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS di SD 3 Garung Lor Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari peneliti adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya wawancara ( dengan jumlah informan 6 yang terdiri dari kepala sekolah, Waka kurikulum, Guru kelas IV, dan 3 siswa), observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan data menggunakan uji kreabilitas dengan beberapa cara yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan beberapa referensi, serta mengadakan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS berjalan dengan baik meskipun ada beberapa problem yang di temui, Dengan di terapkannya kurikulum merdeka melalui pembelajaran IPAS ada banyak manfaat yang bisa diambil hal ini dapat dilihat dengan adanya indikator sebagai berikut; anak menjadi lebih aktif, pembelajarannya lebih realistis dan guru di tuntut untuk lebih kreatif dan produktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, IPAS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2023 01:33 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2023 01:33 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10918 |
Actions (login required)
View Item |