Khoiriyah, Arin (2023) Pembentukan Karakter Kebangsaan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Siswa Kelas VIII MTs NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (248kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (553kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (268kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (586kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (295kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
Abstract
Tujuan dari penulisaan skripsi ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran ekstrakurikuler pramuka siswa kelas VIII MTs NU Mawaqi’ul Ulum Tahun Pelajaran 2022/2023; 2) Untuk mengidentifikasi pembentukan karakter kebangsaan siswa kelas VIII MTs NU Mawaqi’ul Ulum melalui pembelajaran ekstrakurikuler pramuka; 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter kebangsaan melalui pembelajaran ekstrakurikuler pramuka pada siswa kelas VIII MTs NU Mawaqi’ul Ulum Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian jenis penelitian lapangan (field research) yaitu kegiatan penelitian untuk mencari di mana peristiwa-peristiwa yang menjadi objek penelitian berlangsung, sehingga mendapatkan informasi langsung dan terbaru tentang masalah yang berkenaan, sekaligus sebagai cross checking terhadap bahan-bahan yang telah ada, dengan harapan data yang di dapat akan lengkap, lebih mendalam, bermakna dan kredibel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses pembelajaran ekstrakurikuler siswa dikemas dalam bentuk kegiatan yang menarik, mampu menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis, yang dilaksanakan di alam terbuka dengan menggunakan prinsip dasar pendidikan kepramukaan. Sasaran akhir dari kegiatan kepramukaan adalah pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. 2) Pembentukan karakter kebangsaan siswa kelas VIII MTs NU Mawaqi’ul Ulum melalui pembelajaran ekstrakurikuler pramuka diukur berdasarkan 5 karakter, yaitu: religius, mandiri, gotong royong, integritas dan nasionalisme melalui kegiatan pramuka sudah mencapai nilai-nilai karakter baik sesuai yang diharapkan, dengan demikian kegiatan pramuka telah berhasil dalam pelaksanaan dan penerapannya, sehingga tercapainya pembentukan karakter kebangsaan siswa. Hal ini dapat dilihat dari sikap siswa yang mampu menerapkan serta mengaplikasikan nilai-nilai karakter pada kegiatan sehari-harinya, baik di dalam lingkungan sekolah maupun dilingkungan sosial; 3) Faktor pendukung pembentukan karakter kebangsaan peserta didik yakni : motivasi peserta didik mengikuti kegiatan pramuka, adanya kompetensi yang dimiliki pembina dan pengurus, pembiasaan nilai – nilai keagamaan di madrasah, dukungan dari pihak madrasah, dukungan dari keluarga. Faktor yang menghambat dari luar yaitu dari lingkungan keluarga atau masyarakat dari siswa yang belum mendukung siswa dalam artian orang tua siswa yang sibuk dalam kegiatan sendiri, ada yang bekerja di luar negeri yang siswa di rumah hanya dengan nenek atau kakeknya saja, jadi siswa kurang perhatian dari orang tua serta faktor dari dalam diri siswa itu sendiri yaitu faktor seperti dalam diri siswa itu sendiri yang belum bisa menerapkan kedisiplinan dorongan dalam diri siswa sendiri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter Kebangsaan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2023 01:36 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2023 01:36 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10919 |
Actions (login required)
View Item |