Website Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Website Suaranahdiyin.Com Kudus Dalam Menegakkan Akidah Ahlussunnah Wal Jamaah)

Wijaya, Fariq (2023) Website Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Website Suaranahdiyin.Com Kudus Dalam Menegakkan Akidah Ahlussunnah Wal Jamaah). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (552kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (704kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (941kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (596kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (551kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (604kB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu 1) Untuk mengetahui format dan isi dakwah dalam website suaranahdiyin.com.2) Untuk mengetahui peran website suaranahdiyin.com dalam menegakkan dakwah ahlussunnah wal jamaah.3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan suranahdiyin.com dalam usaha menegakkan dakwah ahlussunnah wal Jamaah. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian content analysis (kajian isi), penelitian ini bersifat pembahasan yang mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam media massa. Penelitian conten analysis“merupakan penelitian dengan pendekatan”Kualitatif. Penelitian dengan“pendekatan kualitatif artinya penelitian dengan menganalisis data berupa kata-kata (lisan maupun tulisan) dan perbuatan-perbuatan”manusia. Teknik analisis data dengan mereduksi data (Data Reduction) , penyajian data (Data Display), kesimpulan: penarikan/verifikasi (Conclusion: drawing/verification). Hasil penelitan pada penelitian ini yaitu, 1) Secara umum format konten suara nahdiyin menginformasiakan berbagai macam bentuk dakwah serta prestasi ataupun berbagai kegiatan informatif yang dilaksanakan oleh masyarakat khususnya yang berhaluan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah. Hal ini terlihat dari rubrik yang ada di Website Suaranahdliyin.com, diantarnya yaitu: Kajian, Kolom, Madrasatuna, Mudik, Profil, Ramadhan. Secara umum gambaran konten di suaranahdliyin.com, menyebarkan konten-konten Ahlussunnah wal jama’ah yang menebarkan dakwah rahmatalilaalamiin. Seperti halnya yang disampaikan tim suaranahdliyin.com. 2) Website Suaranahdliyin.com secara garis besar menjadi media dakwah yang berperan dalam menyebarkan informasi terkait fenomena ataupaun berita, agenda terkait NU dengan dakwah ahlussunnah wal jama’ah. Selain itu juga menyajikan informasi umum lainnya terkait kehidupan umat muslim, diantaranya pada sisi aqidah dan syariah ahlussunnah wal jama’ah yang disajikan dari berbagai konten yang ada pada rubrik Website Suaranahdliyin.com. Kelebihan Suaranahdliyin.Com yaitu, 1)Satu-Satunya Media Web atau Cetak Nahdliyin, 2)Solidnya Tim Suaranahdliyin.Com, 3)Tingginya Tingkat Keaktifan Partisipan Suaranahdliyin.Com. Kekurangan Suaranahdliyin.Com yaitu, 1)Iklan Menutupi Konten Utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMas'udi, Mas'udiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Website Suaranahdiyin.com,Media Dakwah,Ahlussunnah Wal Jama’ah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:42
Last Modified: 30 Aug 2023 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10926

Actions (login required)

View Item View Item