Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 1 di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus

Nida, Shella Khofiyyan (2023) Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 1 di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas 1 dalam mengenal huruf, membaca dan menulis di MI NU Tarsyidut Thullab. Salah satu faktor penyebabnya adalah lamanya proses pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu : Pertama, untuk mengetahui implementasi metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 1 di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi implementasi metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 1 di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder dengan subjek penelitian guru kelas 1, kepala sekolah, siswa kelas 1, dan orang tua siswa kelas 1. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan Uji Credibility dan Uji Dependability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 1 di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus dilaksanakan melalui 3 tahapan pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) memberikan dampak positif bagi perkembangan kemampuan membaca dan menulis siswa, diantaranya yaitu siswa dapat menguasai teknik membaca dan menulis, menguasai materi pembelajaran, dan pencapaian standar kompetensi khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia. Faktor pendukung yang memengaruhi penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 1 di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus yaitu, adanya tenaga pendidik professional, respon positif siswa selama pembelajaran, dan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, dan tingkat kestabilan emosi siswa yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), Kemampuan Membaca dan Menulis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:03
Last Modified: 31 Aug 2023 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item