Hartatik, Erni (2017) ANALISIS KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII MTS MIFTAHUL FALAH JAKENAN KECAMATAN JAKENAN KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (385kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kecerdasan interpersonal merupakan kematangan kesadaran pikiran dan budi pekerti untuk berperan secara sosial dalam kelompok atau masyarakat. Kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan suatu hubungan antar pribadi yang sehat dan saling menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kecerdasan interpersional siswa kelas VIII di MTs Miftahul Falah Jakenan kecamatan Jakenan kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2016/2017. (2) Keterampilan komunikasi guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Miftahul Falah Jakenan kecamatan Jakenan kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2016/2017. (3) kendala dan solusi dari keterampilan komunikasi guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Miftahul Falah Jakenan kecamatan Jakenan kabupaten Pati pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara (interview), dokumentasi, dan triangulasi terhadap intansi pendidikan yang terkait yaitu MTs Miftahul Falah Jakenan Pati. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan interpersonal siswa MTs Miftahul Falah Jakenan berdasarkan hasil penelitian adalah baik, yaitu meliputi: (a) Kemampuan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik. (b) Menyukai dan mampu menyesuaikan diri dengan kegiatan kelompok. (c) Mampu berempati dengan orang lain. 2) keterampilan komunikasi guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Miftahul Falah Jakenan. Berdasarkan hasil penelitian adalah mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan guru dalam membangun interkasi yang efektif dalam KBM, guru menggunakan metode yang bervariasi dalam KBM, sebagai teladan dan pendidik siswa dalam berkomunikasi dan berhubungan sosial, guru menggunakan pendekatan persuasif dengan siswa secara personal. 3) Kendala dari keterampilan komunikasi guru dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII di MTs Miftahul Falah Jakenan Pati, terbagi menjaadi dua faktor yaitu: Faktor dari guru dan siswa. Solusinya antara lain, menegur dan memotivasi anak yang bermasalah, memberi tugas sesuai dengan kemampuan anak, mendidik siswa, seorang guru harus melakukan inovasi-inovasi baru dan penguasaaan materi yang baik dari guru, dan mengacu pada yayasan untuk segera menyediakan sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Komunikasi Guru; Kecerdasan Interpersonal Siswa |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Kesenian dan Kebudayaan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 May 2017 04:51 |
Last Modified: | 25 May 2017 04:51 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1097 |
Actions (login required)
View Item |