Pengaruh Inflasi, Kurs Rupiah, dan BI Rate Terhadap Harga Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 – 2022

Havids, Mochamad Rifky Al (2022) Pengaruh Inflasi, Kurs Rupiah, dan BI Rate Terhadap Harga Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 – 2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (940kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (911kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (799kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (485kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif yang bentuk hubungannya adalah kausal yang bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat hubungan sebab akibat antar variabel terikat dan variabel bebas. Adapun variabel bebas pada penelitian ini adalah inflasi, BI rate, dan kurs rupiah, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah harga saham perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021 – 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang dipakai merupakan data berupa angka yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia, Bank Indonesia, dan Yahoo Finance. Populasi penelitian ini adalah perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang tercatat ada 107 perusahaan yang kemudian dipilih berdsarkan kriteria yang telah ditentukan menggunakan metode purposive sampling, dan memperoleh sebanyak 30 perusahaan. Sedangkan, Sampel penelitian ini adalah harga saham yang terdapat di perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2020 -2022. Data - data tentang saham beserta faktor-faktornya dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis menggunakan teknik statistik parametis dengan bantuan program Eviews 12 penelitian ini berhasil memperoleh temuan yang menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel inflasi, kurs rupiah, dan Bi rate berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham. Uji determinasi pengaruh Inflasi, Kurs Rupiah, dan Bi Rate terhadap harga saham perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia menunjukkan angka 61,2% yang berarti 38,8% dipengaruhi faktor lain di luar variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriasari, Widi SavitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Kurs Rupiah, BI Rate dan Harga Saham.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:11
Last Modified: 16 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10990

Actions (login required)

View Item View Item