Pengelolaan Sampah Melalui Sistem Bioreaktror Kapal Selam Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

Sukmawati, Wilda (2023) Pengelolaan Sampah Melalui Sistem Bioreaktror Kapal Selam Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Permasalahan sampah di Indonesia semakin menjadi isu karena, banyaknya limbah sampah yang dihasilkan masyarakat, serta penumpukan sampah atau membuangnya sembarangan ke kawasan terbuka akan mengakibatkan pencemaran tanah yang juga akan berdampak ke saluran air tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan sampah melalui system bioreactor kapal selam, factor yang menjadi pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat, serta dampak yang dihasilkan dari pengelolaan sampah melalui system bioreactor kapal selam di Desa Gondosari. Dalam melakukan penelitian peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu dengan cara observasi langsung ke lapangan. Melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi, peneliti menggali informasi dari lima informan antara lain, direktur bumdes murakabi, bendahara bumdes murakabi, kasi pemerintahan desa, karyawan bks,dan masyarakat. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori Waste Management pada Undang-undang 18 tahun 2018 tentang pengelolaan sampah dimana dalam teori tersebut dijelaskan pengelolaan sampah terdapat tiga komponen yang perlu diperhatikan yaitu sistematis,menyeluruh, dan berkesinambungan adapun rinciannya terdapat pada bab empat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa proses yang dilakukan dalam pengelolaan sampah melalui system bioreactor kapal selam di Desa Gondosari antara lain: pemisahan, penghancuran, pefregmentasian, dan yang terakhir pengomposan. Dan adapun factor penghambat dari proses ini minimnya suntikkan dana pada awal pembangunan, kerusakan yang terjadi pada mesin bawah tanah. Factor pendukung dari proses ini support dari pemerintah desa berupa arahan, bimbingan dan dana pemerintah, support dari PR Sukun wartono Indonesia memberikan bantuan berupa dana yang cukup besar pada proses pembangunan bks. Adapun dampak yang dihasilkan dari proses pengelolaan sampah melalui system bioreactor kapal selam di Desa Gondosari adalah : dalam bidang ekonomi terbukanya lowongan pekerjaan, dalam bidang sosial kemasyarakatan terjalin hubungan baik antar masyarakat, dalam bidang kesejahteraan lingkungan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam elemen yang penting dalam pengembangan potensi desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDRahmawati, Rukhaini FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sampah, Bioreaktor Kapal Selam, Kesejahteraan Masyarakat.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:40
Last Modified: 17 Oct 2023 07:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item View Item