Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Handphone Di MTs Hidayatul Mustafidin Desa Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus

Widayati, Anik Sri (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Handphone Di MTs Hidayatul Mustafidin Desa Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (835kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (646kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)

Abstract

Di era digital ini, guru PAI memiliki peran yang sangat penting dalam menanggulangi penyalahgunaan handphone pada siswa. Hal ini dikarenakan guru PAI memiliki tugas penting dalam mendidik siswa agar menjadi seseorang yang memiliki kepribadian Islami, takwa, dan juga beriman kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyalahgunaan handphone di MTs Hidayatul Mustafidin Dawe-Kudus, untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan handphone, serta untuk mengetahui program serta hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi penyalahgunaan handphone. Metode deskriptif kualitatif digunakan oleh peneliti sebagai metodologi penelitian. Kemudian observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan peneliti sebagai instrument dari penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah Guru PAI Mts Hidayatul Mustafidin, Kepala MTs Hidayatul, dan Waka Kesiswaan MTs Hidayatul Mustafidin Dawe-Kudus. Hasil penelitian ini antara lain: a) penyalahgunaan handphone di MTs Hidayatul Mustafidin yaitu siswa tanpa sepengetahuan guru membuat grup yang digunakan untuk mengejek siswa lain yang kemudian memicu konflik antar siswa dan terjadinya bullying b) Kemudian untuk dampak positif adalah sebagai alat komunikasi, membantu siswa dalam mencari tambahan materi, meningkatkan motivasi belajar siswa, media untuk kegiatan religi, sarana hiburan saat waktu luang. Dan dampak negatifnya adalah mengganggu konsentrasi belajar siswa, Siswa lebih senang membuka aplikasi game daripada belajar, mengakses konten pornografi, memicu terjadinya cyber bullying, anti-sosial. c) program yang dijalankan Guru PAI dan pihak madrasah untuk menanggulangi penyalahgunaan handphone di madrasah adalah program sosialisasi, pemeriksaan handphone, dan program kedisiplinan dan hambatan Guru PAI dalam menanggulangi penyalahgunaan handphone adalah siswa yang tidak mematuhi peraturan Madrasah, kurangnya kesadaran siswa terhadap dampak penggunaan handphone yang berlebihan, kurangnya pengawasan orang tua, kurangnya dukungan dari lingkungan bermain siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfif, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Penyalahgunaan Handphone.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:23
Last Modified: 18 Oct 2023 01:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item View Item