Dampak Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Mikro Bank Syariah Indonesia Dalam Meningkatkan Profitabilitas Usaha Nasabah (Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Demak)

Lutviana, Nita (2023) Dampak Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Mikro Bank Syariah Indonesia Dalam Meningkatkan Profitabilitas Usaha Nasabah (Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (778kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (674kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (665kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (368kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)

Abstract

Salah satu lembaga yang mengikuti prinsip-prinsip dasar islam yaitu Bank Syariah Indonesia. Adapun faktor pendukung yang sangat besar dalam sebuah usaha untuk peningkatan kinerja dan produksi adalah modal. Seringkali keterbatasan modal sendiri merupakan komponen yang sangat penting dalam melakukan sebuah usaha. Tepatnya untuk pengusaha mikro yang mengalami kekurangan dalam hal permodalan ini seringkali menggunakan cari yang dianggap cepat untuk memohon dalam permodalan untuk meminta bantuan pada rentenir dan pada akhirnya terjerat dikarnakan belum balik modal sehingga belum bisa mengembalikannya. Bank syariah mempunyai program pembiayaan yang sangat mendukung perkembangan dan pertumbuhan para pengusaha mikro. Dukungan tersebut yaitu dengan merealisasikan mengeluarkan sebuah produk yang berupa pembiayaan untuk para pengusaha mikro yang disebut dengan Bank Syariah Indonesia Kredit Usaha Rakyat Mikro yang bertujuan untuk menambah modal para pengusaha baik kebutuhan dalam penambahan modal maupun kebutuhan investasi. Pada penelitian ini peneliti ingin meneliti mengenai dampak yang diperoleh nasabah setelah menerima pembiayaan KUR Mikro ini dalam profitabilitas usaha nasabah ini apakah terjadi peningkatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menganalisis data dari awal hingga akhir. Teknik analisis data ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti megumpulkan data yang tersedia dari berbagai sumber informasi. Teknik pengumpulan data ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dampak yang diterima oleh nasabah BSI KCP Demak rata-rata berdampak positif. Faktor utama dalam pengembangan yaitu berupa modal, dengan adanya pembiayaan KUR Mikro ini nasabah dapat mengatasi minimnya modal yang didapat. Efektivitas nasabah pada pembiayaan KUR Mikro di BSI KCP Demak ini juga sudah sesuai dengan syariah dan aturan dari pemerintah. diukur dari beberapa indicator yaitu pemahaman program, tepat waktu dan sasaran, tercapainya tujuan dan perubahan yang nyata. Temuan terbaru penelitian ini adalah setiap seminggu sekali diadakan sharing session bersama manager dari berbagai cabang guna mengevaluasi pembiayaan KUR mikro, seperti nasabah masalah pembiayaan macet dan melihat bagaimana keefektivitas dari pembiayaan KUR Mikro Syariah ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHana, Kharis FadlullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Profitabilitas, Efektivitas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:02
Last Modified: 21 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11062

Actions (login required)

View Item View Item