Amruni, Yahya (2023) Pengembangan E-book Bermuatan Etnosains Permainan Tradisional Jawa Tengah Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (595kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (228kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (573kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (507kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (525kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (289kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah peserta didik serta respon peserta didik terhadap implementasi e-book bermuatan etnosains permainan tradisional Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan prosedur R&D yang meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian ini di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung dengan jumlah sampel 20 dari 35 peserta didik. Pada analisis kelayakan e-book dijelaskan mengenai aplikasi pembuatan e-book, format dan disesuaikan dengan kriteria kompetensi dasar dan silabus kurikulum 2013. Instrumen peneitian berupa angket validasi ahli, angket respon peserta didik, soal pretest dan posttest serta bahan ajar e-book etnosains permainan tradisional Jawa Tengah. Untuk memperoleh data penilaian terdapat beberapa aspek penilaian yaitu aspek (a) tampilan, (b) memfasilitasi, (c) kelayakan, (d) pembelajaran, (e) isi materi, (f) gaya belajar dan (g) tata bahasa. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa nilai dari validator ahli media mendapatkan persentase 75%, nilai dari validator ahli materi 1 dengan persentase 80%, ahli materi 2 sekaligus media dengan persentase 77% dan 81% serta dari validator bahasa mendapat persentase 74% dengan hasil validasi tergolong dalam kategori “layak” dengan nilai rata-rata 79%. Data hasil perhitungan N-Gain menunjukkan nilai rata-rata persentase 79% dengan kriteria tinggi. Data hasil respon peserta didik mendapat nilai rata-rata persentase 79% tergolong dalam kategori “praktis”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | e-book, etnosains, permainan tradisional, dan kemampuan memecahkan masalah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 03:02 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 03:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11064 |
Actions (login required)
View Item |