Pengembangan E-book Bermuatan Etnosains Permainan Tradisional Jawa Tengah Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik SMP/MTs.

Amruni, Yahya (2023) Pengembangan E-book Bermuatan Etnosains Permainan Tradisional Jawa Tengah Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (595kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (573kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (507kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah peserta didik serta respon peserta didik terhadap implementasi e-book bermuatan etnosains permainan tradisional Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan prosedur R&D yang meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian ini di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung dengan jumlah sampel 20 dari 35 peserta didik. Pada analisis kelayakan e-book dijelaskan mengenai aplikasi pembuatan e-book, format dan disesuaikan dengan kriteria kompetensi dasar dan silabus kurikulum 2013. Instrumen peneitian berupa angket validasi ahli, angket respon peserta didik, soal pretest dan posttest serta bahan ajar e-book etnosains permainan tradisional Jawa Tengah. Untuk memperoleh data penilaian terdapat beberapa aspek penilaian yaitu aspek (a) tampilan, (b) memfasilitasi, (c) kelayakan, (d) pembelajaran, (e) isi materi, (f) gaya belajar dan (g) tata bahasa. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa nilai dari validator ahli media mendapatkan persentase 75%, nilai dari validator ahli materi 1 dengan persentase 80%, ahli materi 2 sekaligus media dengan persentase 77% dan 81% serta dari validator bahasa mendapat persentase 74% dengan hasil validasi tergolong dalam kategori “layak” dengan nilai rata-rata 79%. Data hasil perhitungan N-Gain menunjukkan nilai rata-rata persentase 79% dengan kriteria tinggi. Data hasil respon peserta didik mendapat nilai rata-rata persentase 79% tergolong dalam kategori “praktis”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalichatin, HanikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: e-book, etnosains, permainan tradisional, dan kemampuan memecahkan masalah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:02
Last Modified: 21 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item