Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Shofiati, Siti (2023) Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (246kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya siswa yang masih mendapatkan hasil belajar yang rendah atau dibawah KKM. Dari 219 siswa 23,7% siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM sedangkan 76,3% siswa masih mendapatkan nilai yang rendah atau dibawah KKM. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor contohnya faktor minat siswa-siswa juga masih rendah, masih ada siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran, kebanyakan siswa tidak memperhatikan pelajaran dan asik dengan pemikirannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui seberapatinngi minat belajar matematika siswa, (2) untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Doplang yang berjumlah 219 siswa dan sampelnya siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Doplang yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sempel dilakukan dengan simple random sampling, dimana cara pengambilannya menggunakan cara undian. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, tes tertulis dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk memperoleh data minat belajar siswa, tes tertulis digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua, informasi sekolah dan bukti adanya hasil penelitian. Teknik analisis data menggunakan 2 teknik, yaitu uji deskripsi dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Analisis seberapa tinggi minat belajar matematika siswa dapat disimpulkan bahwa pada kelas VIII SMP N1 Doplang terdapat 7 siswa yang memiliki minat belajar matematika yang rendah (21,9%), 20 siswa yang memiliki minat belajar matematika yang sedang (62,5%) dan 5 siswa yang memiliki minat belajar matemtaika yang tinggi (15,6%), (2) Analisis seberapa tinggi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dapat disimpulkan bahwa pada kelas VIII SMP N 1 Doplang terdapat 5 siswa yang memiliki hasil belajar matematika yang rendah (15,6%), 23 siswa yang memiliki hasil belajar matematika yang sedang (71,8%) dan 5 siswa yang memiliki hasil belajar matemtaika yang tinggi (12,6%).dan (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa dengan hasil perhitungan thitung (7,228) > ttabel (1,694).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:08
Last Modified: 21 Oct 2023 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11065

Actions (login required)

View Item View Item