Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP NU Al-Ma’ruf Kudus

Sodiqin, Muhdhor Muhammad (2023) Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP NU Al-Ma’ruf Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (222kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (430kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa kelas VIII yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP NU Al Ma’ruf Kudus. Penelitian dilaksanakan di SMP NU Al Ma’ruf Kudus pada mata pelajaran PAI dengan materi semester 1. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan Pretest – Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang berjumlah 64 anak, yang terdiri dari kelas Kontrol dengan 32 anak dan kelas Eksperimen dengan 32 anak. Kelas Kontrol tidak diberi treatment, sedangkan kelas Eksperimen diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran Quizziz. Instrument yang digunakan adalah soal tes kemampuan awal (pretest) dan soal tes kemampuan akhir (posttest). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan distribusi student (t-test), dengan terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Quizizz. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t –test ( thitung (1.670) <ttabel(3056)) dan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol (70.63)> nilai rata-rata kelas eksperimen (83.28). Perbandingan ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas kontrol tidak lebih unggul dibandingkan dengan nilai rat-rata kelas eksperimen. Jadi, sesuai dengan hasil uji t tes dan perbandingan rata-rata dapat disimpulkan bahwa perbandingan tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan, hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Quizizz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSholihuddin, MohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Quizziz, Hasil Belajar Siswa, PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:18
Last Modified: 21 Oct 2023 03:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11071

Actions (login required)

View Item View Item