Fuad, Himatul (2022) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran SKI Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 di MA Raudlatus Shibyan 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (398kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (622kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (478kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (380kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (851kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (340kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Proses pembelajaran SKI jarak jauh harus dapat merangsang dan mengeksplor pengetahuan mengenai materi-materi pelajaran SKI pada diri peserta didik agar dapat mengingatnya dalam jangka waktu yang panjang. Sesuai dengan adanya pembelajaran jarak jauh (PJJ) proses pembelajaran harus dapat berpusat pada peserta didik dengan memanfaatkan teknologi seperti penggunaan komputer dan hadpone. Pembelajaran SKI Jarak jauh dapat mengakibatkan rasa kebosanan belajar pada diri peserta didik, untuk mendapatkan keaktifan belajar dan hasil belajar yang baik dalam proses pembelajaran SKI sehingga dapat berpusat pada peserta didik maka pendidik harus dapat memilih model pembelajaran serta merancang proses pembelajaran dengan baik dan tepat, salah satunya yaitu dengan cara menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Model Discovery Learning sendiri dapat memotivasi dan memperjelas materi yang dipelajari sehingga dapat mempengaruhi cara belajar yang aktif, berfikir kritis dan pastinya sangat berorientasi pada proses sehingga peserta didik lebih dapat memahami dan mengingat materi-materi Ski dalam jangka waktu yang panjang, dan dapat mempengaruhi sikap serta prilaku peserta didik untukr bisa meningkatkan hasil belajar. Salah satunya yaitu melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Learning yang diaplikaskan dengan pembuatan karya tulis berupa makalah dan pembuatan powerpoint. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di MA NU Raudlatus Shibyan (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mengimplementasikan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di MA NU Raudlatus Shibyan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), Pendekatan yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data yaitu meliputi reduksi data, penyaajian data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran ski di MA NU RAudlatus Shibyan sudah berjalan cukup baik yaitu dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam proses pembelajarannya memang lebih dipusatkan pada peserta didik dengan mengimplementasikan model pembelajaran discovery learning yang diaplikasikan dengan pembuatan makalah dan powerpoint, yang mana dalam pengaplikasianya sudah disesuaikan dengan kemampuan dasar, tujuan yang ingin dicapai dan materi pembahasan yang akan disampaikan dengan mengacu pada ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (perilaku). 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam mengimplementasikan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran jarak jauh adanya faktor pendukung terdiri dari adanya kerjasama antar guru, peningkatan SDM guru, peserta didik dapat mengembangkan ppotensi yang dimiliki, materi kurikulum yang dipakai di madrasah ialah kurikulum 2013 peserta didik dapat mendalami, menganalisis, mengembangkan, maupun menyimpulkan, sehingga peserta didik bisa menemukan pengalaman yang baru dalam pembelajaran, dan adanya sarana-prasarana yang memadai dan mendukung seperti buku paket dan refresnsi buku-buku di perpustakaan madrasah. Adapun faktor penghambat terdiri dari peserta didik yaitu semangat dan kemampuan yang berbeda-beda menjadikan peserta didik sulit aktif dalam pembelajaran. Adapun faktor penghambat dalam sarana-prasarana yakni dari segi medianya yaitu tidak adanya media pembelajaran seperti handphone/laptop dan kuota belajar, terbatasnya waktu pertemuan, kecerdasan emosional yang tidak permanen, tidak adanya penilaian secara langsung (tatap muka).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Discovery Learning Jarak Jauh, dan Hasil Belajar Peserta Didik | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 03:27 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 03:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11075 |
Actions (login required)
View Item |