Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus

Musyarofah, Nailil (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (789kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (660kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam aspek komitmen kebangsaan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus, 2) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam aspek toleransi melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus, 3) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam aspek anti kekerasan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus, 4) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam aspek akomodatif terhadap budaya lokal melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu ada 6 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, serta 3 siswa. Adapun tekhnik pengumpulan data diperoleh dari observasi nonpartisipan, wawancara, serta dokumentasi, kemudian dilakukan pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi, menggunakan bahan referensi. Semua data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak aspek Komitmen Kebangsaan melalui 3 tahap yaitu moral knowing, moral feeling dan moral action dalam wujud keteladanan oleh para pendidik dan masyarakat madrasah dengan menginternalisasikan melalui kegiatan upacara, bertawasul sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai, kajian kitab, serta memperingati hari besar nasional diantaranya hari santri, maulid nabi, dan lain sebagainya yang melahirkan sikap cinta tanah air dan menghargai jasa pahlawan serta terdahulu hingga mempertahankan sikap gotong royong dan bela negara. 2) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak aspek Toleransi melalui tahap moral action yang mana perwujudanya dengan menerapkan sikap saling mengahargai dan menghormati, saling tolong menolong, dan saling bertegur sapa baik dengan guru ataupun yang lainnya. 3) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak aspek Anti Kekerasan dengan kerja sama antar tim dalam penugasan misalnya membuat poster tentang stop bulliying, anti kekerasan baik verbal maupun non verbal dan cara menghindari kekerasan. 4) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak aspek Akomodatif terhadap Budaya Lokal tercermin dari sikap siswa saat dilingkungan sekolah maupun masyarakat tetap menjunjung tinggi sikap toleransi dan telah menerapkan budaya seperti ziarah ke makam para muassis madrasah, maulid al-barzanji, tahlilan, istighosah sebelum ujian dan sebagainya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPartono, PartonoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Moderasi Beragama, Akidah Akhlak
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:54
Last Modified: 21 Oct 2023 03:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11093

Actions (login required)

View Item View Item