Musyarofah, Nailil (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (437kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (789kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (398kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (660kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (276kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (428kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam aspek komitmen kebangsaan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus, 2) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam aspek toleransi melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus, 3) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam aspek anti kekerasan melalui pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus, 4) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam aspek akomodatif terhadap budaya lokal melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs. NU Khoiriyyah Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu ada 6 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, serta 3 siswa. Adapun tekhnik pengumpulan data diperoleh dari observasi nonpartisipan, wawancara, serta dokumentasi, kemudian dilakukan pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi, menggunakan bahan referensi. Semua data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak aspek Komitmen Kebangsaan melalui 3 tahap yaitu moral knowing, moral feeling dan moral action dalam wujud keteladanan oleh para pendidik dan masyarakat madrasah dengan menginternalisasikan melalui kegiatan upacara, bertawasul sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai, kajian kitab, serta memperingati hari besar nasional diantaranya hari santri, maulid nabi, dan lain sebagainya yang melahirkan sikap cinta tanah air dan menghargai jasa pahlawan serta terdahulu hingga mempertahankan sikap gotong royong dan bela negara. 2) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak aspek Toleransi melalui tahap moral action yang mana perwujudanya dengan menerapkan sikap saling mengahargai dan menghormati, saling tolong menolong, dan saling bertegur sapa baik dengan guru ataupun yang lainnya. 3) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak aspek Anti Kekerasan dengan kerja sama antar tim dalam penugasan misalnya membuat poster tentang stop bulliying, anti kekerasan baik verbal maupun non verbal dan cara menghindari kekerasan. 4) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Pembelajaran Akidah Akhlak aspek Akomodatif terhadap Budaya Lokal tercermin dari sikap siswa saat dilingkungan sekolah maupun masyarakat tetap menjunjung tinggi sikap toleransi dan telah menerapkan budaya seperti ziarah ke makam para muassis madrasah, maulid al-barzanji, tahlilan, istighosah sebelum ujian dan sebagainya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai, Moderasi Beragama, Akidah Akhlak | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 03:54 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 03:54 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11093 |
Actions (login required)
View Item |