STUDI ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI HAJI DAN UMRAH DI MTS DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Hikmah, Nailil (2016) STUDI ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI HAJI DAN UMRAH DI MTS DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Alasan diterapkannya desain pembelajaran Genius Learning pada mata pelajaran fiqih materi haji dan umrah kelas VIII semester genap di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2015/2016. 2) Langkah-langkah desain pembelajaran Genius Learning pada mata pelajaran fiqih materi haji dan umrah kelas VIII semester genap di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2015/2016. dan 3) Hasil Desain Pembelajaran Genius Learning pada mata pelajaran fiqih sub bab materi Haji dan Umrah kelas VIII Semester Genap tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif karena dalam melakukan penelitian berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Disini peneliti mengambil lokasi di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Instuksi dari Kepala madrasah untuk guru merealisasikan desain pembelajaran modern yaitu desain pembelajaran Genius Learning ketika diadakan hasil rapat bersama, Seiring dengan perkembangan zaman dengan model-model sebelumnya akhirnya muncul yang namanya model pembelajaran modern dan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung prsoses pembelajaran, seperti media power point, alat peraga mengenai manasik haji. 2) Langkah-langkah desain pembelajaran Genius Learning dimulai dari yang pertama langkah perencanaan Yang kedua, dilanjutkan pada langkah kegiatan pembelajaran (Pelaksanaan pembelajaran) yang diisi dengan kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti dengan rincian: eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. kemudian yang ketiga dilanjutkan dengan kegiatan penutup, dan langkah evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran sudah mencakup delapan lingkaran sukses pembelajaran Genius Learning yakni suasana kondusif, menghubungkan materi, gambaran besar, tetapkan tujuan, pemasukan informasi, aktivasi, demonstasi, dan ulangi dan jangkarkan 3) Hasil Desain Pembelajaran Genius Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih Sub bab Materi Haji Dan Umrah Kelas VIII Semester Genap kelas VIII Tahun Pelajaran 2015/2016, yaitu meningkat, terbukti semua kelas VIII khususnya kelas VIII a nilainya melebihi standar kompetensi, siswa semakin aktif, dan bisa mempraktekkan ibadah haji dan umrah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Genius Learning; Materi Haji dan Umrah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 04:49
Last Modified: 03 Dec 2016 07:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item