Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Membangun Citra Destinasi Pada Destinasi Wisata Demak Green Garden

Ulya, Himmatul (2023) Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Membangun Citra Destinasi Pada Destinasi Wisata Demak Green Garden. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (766kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (782kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelusuri strategi marketing mix yang dilakukan oleh Destinasi wisata DEGEGA dalam upaya membangun citra destinasi, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Destinasi wisata DEGEGA dalam strategi marketing mix sudah menggunakan unsur 7p yaitu product, Degega memiliki produk bervariatif, berinovasi pada produk wisatanya seperti event, paket wisata, dan mengkonsep wahana-wahana baru. Price, memberikan harga yang bervariasi dan relatif terjangkau dengan tetap mengutamakan kualitas, juga memberikan potongan harga dan cashback tertentu pada paket wisatanya. Place, memiliki tempat dengan akses yang mudah untuk dijangkau. Promotion, dilakukan dengan cara door to door, pamflet, baliho, brosur, keikutsertaan event, menggunakan iklan dan media sosial. People, memberikan training pada karyawan agar dapat memberikan pelayanan yang profesioal, Degega berusaha memberikan pelayanan yang profesional, rapi, ramah, informatif dan komunikatif. Process, Degega sangat memperhatikan kemudahan pengunjung dalam berwisata dengan menyediakan kendaraan untuk antar jemput pengunjung, dan beberapa teknologi yang mempercepat proses wisatawan. Physical evidence, memberikan tempat yang nyaman dengan design menarik yang dilengkapi dengan berbagai spot foto. Faktor pendukungnya, Degega memiliki produk bervariasi dan adanya differensiasi produk, harga kompetitif, lokasi mudah dijangkau, adanya teknologi digital, adanya program pelatihan karyawan, adanya fasilitas dan sarana prasarana yang mendukung proses pengunjung berwisata, memiliki lahan yang luas. Faktor penghambatnya, masih keterbatasan daya tarik wisata, beberapa produk wahana mengalami kerusakan, adanya anggapan dari masyarakat bahwa untuk harga paket wisata cukup mahal, promosi secara online belum optimal, kurang maksimalnya kinerja karyawan, Fasilitas kendaraan yang mengalami kendala pada mesin, keterbatasan infrastruktur dan fasilitas, belum adanya peta lokasi karena design tata letak belum tertata dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, JaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Marketing mix, Destination Image, Tourism
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Syariah > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:47
Last Modified: 21 Oct 2023 04:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11134

Actions (login required)

View Item View Item