Analisis Penerapan Pendidikan Multikultural Dalam Menciptakan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di SMP N 1 Randudongkal

Maulida, Mutia Rahma (2023) Analisis Penerapan Pendidikan Multikultural Dalam Menciptakan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Di SMP N 1 Randudongkal. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keberagaman. Adanya keberagaman ini bisa dilihat dalam semboyan negara Indonesia yaitu, ‘Bhinneka Tunggal Ika’. Dengan adanya Bhinneka Tunggal Ika inilah yang menandakan adanya nilai-nilai multikultural di Indonesia. Konsep pendidikan multikultural memang belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat. Bahkan perspektif pemikiran tentang pendidikan multikultural hanyalah sebagian dari proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi sikap toleransi serta penerapan pendidikan multikultural dalam menciptakan sikap toleransi antar umat beragama di SMP N 1 Randudongkal. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian melihat kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi data. Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitiannya, peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah pendidik mata pelajaran agama islam, pendidik mata pelajaran IPS, peserta didik beragama islam dan peserta didik beragama non islam. Proses analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan kondisi toleransi antar umat beragama dan menganalisis penerapan pendidikan multikultural dalam menciptakan sikap toleransi antar umat beragama di SMP N 1 Randudongkal. Berdasarkan temuan dari hasil analisis, diperoleh bahwa (1) Kondisi multikultural antar umat beragama di SMP N 1 Randudongkal dalam menciptakan sikap toleransi terbagi menjadi beberapa karakter sikap toleransi, (2) Penerapan pendidikan multikultural dalam menciptakan sikap toleransi antar umat beragama di SMP N 1 Randudongkal diterapkan melalui kegiatan sekolah dan pembelajaran dalam kelas. Penerapan pendidikan multikultural melalui kegiatan sekolah yang berkaitan dengan pembiasaan, kultur, dan budaya sekolah Dengan adanya keterbatasan peserta didik non islam dala memperoleh pendidikan keagamaan di sekolah maka dari itu pihak sekolah memberi alternatif kebijakan bagi wali kelas yang memiliki peserta didik non islam untuk selalu berkomunikasi dengan pendeta, dengan begitu baik dari pendeta maupun wali kelas mengetahui perkembangan peserta didik baik dalam sekolah maupun di gereja. (3) Dampak dari adanya penerapan pendidikan multikultural di sekolah ini diantaranya, peserta didik menjadi lebih memiliki sikap saling menghargai dan menghormati, peserta didik saling mengakui menerima keragaman yang ada, peerta didik dapat memahami adanya perbedaan toleransi, saling mengenal dan tidak membeda-bedakan dalam berteman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: penerapan, pendidikan multikultural, sikap toleransi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:49
Last Modified: 21 Oct 2023 04:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11135

Actions (login required)

View Item View Item