Sari, Windi Puspita (2023) Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Secara Virtual Terhadap Kemampuan Kognitif Siswi pada Materi Sel Tumbuhan dan Sel Hewan Kelas XI MIPA MA Mu’allimat NU Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (410kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (355kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (367kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (854kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (441kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (623kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (347kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (363kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswi yang mengalami kebosanan atau tidak bersemangat dalam proses pembelajaran sehingga minat untuk belajar menjadi kurang karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini dapat menghalangi siswi untuk memahami isi materi. Selain itu, proses pembelajaran hanya menggunakan media lembar kerja siswi. Sehingga hasil belajar siswi pada ranah kognitif dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan suatu media pembelajaran yang inovatif sebagai penunjang untuk membangkitkan siswi agar tidak merasa bosan dan dapat membantu siswi lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui penggunaan media audio visual secara virtual dalam pembelajaran siswi kelas XI MIPA MA Mu’allimat NU Kudus pada materi sel tumbuhan dan sel hewan (2) Untuk mengetahui kemampuan kognitif siswi kelas XI MIPA MA Mu’allimat NU Kudus pada materi sel tumbuhan dan sel hewan. (3) Untuk mengukur pengaruh penggunaan media audio visual secara virtual terhadap kemampuan kognitif siswi kelas XI MIPA MA Mu’allimat NU Kudus pada materi sel tumbuhan dan sel hewan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data pengujian hipotesis penelitian ini menggunkan uji independent sample T-test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa. Penggunaan media audio visual secara virtual dalam kegiatan pembelajaran Biologi pada materi organel sel tumbuhan dan sel hewan, kelas mendapatkan respon yang baik oleh siswi kelas eksperimen dan siswi lebih semangat serta berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran di whatsapp group jika dibandingkan pada kelas kontrol. Penggunaan media audio visual secara virtual terhadap kemampuan kognitif siswi pada kelas eksperimen berpengaruh baik, hal ini dapat dilihat hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 79,09 dan kelas kontrol 71,36. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, maka 0,001 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual secara virtual efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswi pada materi sel tumbuhan dan sel hewan kelas XI MIPA MA Mu’allimat NU Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual dan Kemampuan Kognitif | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 07:02 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 07:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11156 |
Actions (login required)
View Item |