Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Riset (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus)

Itsnaini, Yuli (2023) Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Riset (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (935kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (417kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam pada madrasah riset (Studi Kasus di MAN 2 Kudus). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam pada madrasah riset. (2) hasil implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam pada madrasah riset. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, wakil bidang kesiswaan, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik. Adapun sumber primer didapat dari observasi non partisipan di MAN 2 Kudus dan partisipan dengan wawancara terstruktur kepada kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, wakil bidang kesiswaan, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik. Sedangkan sumber sekunder didapat dari dokumen-dokumen kurikulum pendidikan agama Islam dalam hal ini sebuah observasi dan sejarah sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Qualitative Data Analysis miner lite. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam pada madrasah riset sebagai berikut: a) Pengenalan riset saat masa ta’aruf siswa madrasah, siswa akan dikenalkan apa itu riset serta riset apa saja nantinya yang akan dilakukan oleh siswa yang terbagi menjadi 3 bidang yaitu riset ilmu sains/ipa, riset ilmu keagamaan Islam serta riset ilmu sosial kemanusiaan. b) Pembelajaran riset, mengenalkan peserta didik tentang riset, terdapat mata pelajaran riset pada kurikulum madrasah. c) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, model pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN 2 Kudus adalah model pembelajaran yang menekankan pada proses penemuan gejala/fenomena, fakta, dan konsep baik secara terbimbing maupun mandiri, tidak sekedar memindahkan pengetahuan dari guru kepada siswa. d) Pembagian kelompok dan mentor riset, pembagian kelompok riset dan mentor riset dilaksanakan mulai kelas X, hal ini melatih siswa agar dapat berpikir kritis sejak dini. e) Pembuatan proposal riset, setelah pembagian kelompok riset dan mentor riset langkah selanjutnya yang dilakukan peserta didik adalah membuat proposal riset. f) Tahap penelitian, tahapan penelitian pada kelas XI dalam riset di MAN 2 Kudus memiliki beberapa proses diantaranya menentukan metode penelitian, menentukan teknik pengumpulan data, merancang instrumen penelitian, melaksanakan proses penelitian, melakukan analisis data, dan penyimpulan. g) Penyerahan hasil riset ke madrasah, Pada kelas XII peserta didik melakukan tahap laporan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan diuji oleh para penguji mengenai hasil laporan penelitiannya sebelum diserahkan madrasah hasil penelitiannya. (2) Hasil implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam pada madrasah riset sebagai berikut: a) Menjadi peneliti dibidang ilmu keagamaan Islam, pembinaan riset dari kelas X-XII di madrasah ditujukan untuk melatih peserta didik dalam merencanakan penelitian ilmiah, melakukan penelitian ilmiah dan menyusun laporan penelitian ilmiah. b) Prestasi dibidang ilmu keagamaan Islam, Pada tahun 2022 peserta didik MAN 2 Kudus yang bernama Irham Darojat meraih prestasi hingga melaju ke grandfinal dalam ajang kompetisi MYRES (Madrasah Young Research Supercamp) dengan mengambil tema riset moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Madrasah riset
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:50
Last Modified: 21 Oct 2023 07:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11171

Actions (login required)

View Item View Item