Model Pendidikan Agama Islam Berbasis Anti Radikalisme Di Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muttaqin Kedungringin, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang

Muhammad, Firhad Amar (2023) Model Pendidikan Agama Islam Berbasis Anti Radikalisme Di Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Muttaqin Kedungringin, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (699kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (693kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

Abstract

Fenomena radikalisme telah masuk ke dalam dunia pendidikan melalui berbagai bentuk media dan metode. Melawan radikalisme tidak hanya dengan tindakan, tetapi juga upaya preventif sejak dini agar paham dan gerakan radikalisme tidak bermunculan, terlebih terhadap anak-anak remaja. Oleh karena itu, perlu adanya strategi untuk menangkal radikalisme. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab persoalan: bagaimana strategi menangkal radikalisme dan implementasi strategi menangkal radikalisme tersebut melalui pembelajaran PAI di MI Sabilul Muttaqin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya MI Sabilul Muttaqin dalam menangkal radikalisme melalui pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis menggunakan teknik analisis data John. Cresswell. Subjek penelitiann ini adalah Kepala Madrasah, Guru PAI, dan Peserta didik. Penelitian ini menunjukkan bahwa MI Sabilul Muttaqin melakukan upaya untuk menangkal radikalisme yaitu menyeleksi buku-buku mata pelajaran, mengembangkan modul pribadi, buku panduan PAI, dan melakukan kegiatan-kegiatan nasionalisme. Strategi tersebut diimplementasikan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan di dalam kelas ataupun di luar kelas. Di dalam kelas meliputi tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi pembelajaran dan di luar kelas meliputi kegiatan ekstrakurikuler, keagamaan, dan nasionalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorNofiaturrohmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, PAI, radikalisme
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 08:03
Last Modified: 21 Oct 2023 08:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11177

Actions (login required)

View Item View Item