Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Mts Negeri 1 Kudus

Mawardi, Ahmad Kholid (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Mts Negeri 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (553kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (607kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis 1) Desain Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak yang berorientasi pada Kurikulum Merdeka Belajar di MTs Negeri 1 Kudus, 2) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus, 3) Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Yang Berorientasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu ada 6 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, serta 3 siswa. Adapun tekhnik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Desain pembelajaran dalam kebijakan merdeka belajar dapat lebih leluasa dalam memilih materi yang akan diajarkan dahulu dan menetukan model pembelajaran sesuai jenjang dan jangka waktu yang telah ditentukan, jumlah jam pelajaran terjadi pemangkasan untuk penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sesuai kebijakan baru kurikulum merdeka belajar, 2) Implementasi pembelajaran berorientasi kurikulum merdeka belajar di MTsN 1 Kudus dalam pelaksanaannya sudah mampu mengikuti sesuai kebijakan pada pedoman kemendikbud, pendidik yang kreatif-inovatif merupakan kunci dalam pelaksanaan pembelajaran agar selalu mengeksplor materi yang akan disampaikan kepada peserta didik dan menjadikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga mudah dipahami, 3) Evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di MTsN 1 Kudus sudah berjalan dengan baik, tetapi karena memang dalam pelakasanaannya belum sampai satu tahun ajaran, maka belum ada evaluasi secara keseluruhan. Kemudian dalam melakukan penilaian masih dengan melakukan ulangan harian dan praktek, terlebih karena merupakan suatu hal yang masih baru masih perlu penyesuaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPartono, PartonoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 08:07
Last Modified: 21 Oct 2023 08:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item