Penerapan Konseling Client Centered dengan Teknik Self Understanding dalam Menangani Permasalahan Sosial Perilaku Bullying pada Peserta Didik di SMK NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus

Saputra, Irwan Alwi Hidayat Hadi (2023) Penerapan Konseling Client Centered dengan Teknik Self Understanding dalam Menangani Permasalahan Sosial Perilaku Bullying pada Peserta Didik di SMK NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (564kB)
[img] Text
03. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (813kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (788kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (822kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bentuk dan faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya permasalahan sosial perilaku bullying pada peserta didik di SMK NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. (2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan konseling client centered dengan teknik self understanding dalam mengatasi permasalahan sosial perilaku bullying peserta didik di SMK NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. (3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan konseling client centered dengan teknik self understanding dalam mengatasi permasalahan sosial perilaku bullying peserta didik di SMK NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek utama penelitian adalah 1 peserta didik sebagai korban bullying, Waka Kesiswaan dan guru Bimbingan Konseling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik yang dilakukan oleh Miles dan Huberman dengan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun teknik pengujian keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, serta dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk permasalahan sosial yang terjadi, diantaranya: bolos sekolah, melanggar tata tertib, merusak fasilitas sekolah, dan bullying secara verbal. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku bullying diantaranya: kurangnya pengawasan dari pihak sekolah, teman sepergaulan, dan faktor dari keluarga. (2) Proses pelaksanaan konseling client centered dengan teknik self understanding yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan langkah-langkah yang meliputi tahap identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dan evaluasi/follow up. Beberapa hal yang perlu dipahami oleh konseli untuk dapat menerima diri sendiri antara lain: menetapkan niat dan tujuan yang baik, mengenali kelebihan diri sendiri, memahami orang-orang di sekitar, maafkan dan jangan menghukum diri sendiri, kritiklah diri sendiri untuk memotivasi iri, dan menyadari bahwa penerimaan diri adalah jalan untuk keluar dari masalah bullying. (3) Hasil akhir pelaksanaan konseling, diantaranya: konseli sudah bisa tidur dengan tenang, perasaannya juga mulai tenang terlihat sudah mampu berkomunikasi dengan baik, konseli sudah mulai fokus untuk belajar, konseli berusaha tidak bolos sekolah, konseli mulai beraktivitas seperti biasa di sekolah, mulai terbuka dengan teman dekatnya dan rasa cemasnya sedikit demi sedikit mulai hilang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorZaini, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Client Centered, Teknik Self Understanding dan Permasalahan Sosial.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 08:23
Last Modified: 21 Oct 2023 08:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item View Item