Pengaruh Self Directed Learning terhadap Minat Belajar Matematis dan Prestasi Belajar Matematis Siswa Di MA Negeri 1 Jepara

Erfiyanti, Oktania (2023) Pengaruh Self Directed Learning terhadap Minat Belajar Matematis dan Prestasi Belajar Matematis Siswa Di MA Negeri 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (447kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Pembelajaran matematika pada umumnya menggunakan model pembelajaran direct instruction sedemikian sehingga dapat berdampak pada kurangnya tingkat minat belajar dan rendahnya prestasi belajar matematis siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran self directed learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dengan desain posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk minat belajar matematis siswa dan tes mengukur tingkat prestasi belajar matematis siswa. Tujuan dari pada penelitian yang dilakukan penulis yaitu untuk mengetahui pengaruh self directed learning terhadap minat belajar matematis dan prestasi belajar matematis siswa di MA Negeri 1 Jepara. Populasi penelitian ini adalah siswa MA Negeri 1 Jepara, dengan sample diambil pada dua kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model direct instructiom dengan jumlah siswa 36 dan XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model self directed learning dengan jumlah siswa 36. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji hipotesis pertama menunjukkan: (1) Pada uji independent sample tes pada minat belajar matematis siswa diperoleh nilai mean pada kelas DI sebesar 59,86 dan pada kelas SDL sebesar 67,69 dengan hasil t_(hitung )≥ t_tabel yaitu sebesar 6,833≥1,99394. Dan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dinyatakan H_0 ditolak dan H1 diterima yang artinya minat belajar matematis siswa yang memakai model pembelajaran self directed learning lebih baik dari pada minat belajar matematis siswa yang memakai model pembelajaran direct instruction. Sedangkan untuk uji hipotesis kedua menunjukkan: (2) Uji mann whetney u pada prestasi belajar matematis siswa diperoleh nilai mean pada kelas DI sebesar 18,83 dan pada kelas SDL sebesar 54,17. Dengan hasil nilai probabilitas sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya prestasi belajar matematis siswa yang memakai model pembelajaran self directed learning lebih baik dari pada prestasi belajar matematis siswa yang memakai model pembelajaran direct instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self Directed Learning, Minat Belajar Matematis, Prestasi Belajar Matematis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 08:45
Last Modified: 21 Oct 2023 08:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11195

Actions (login required)

View Item View Item