Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak

Mastura, Emy (2023) Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah (1) Mendiskripsikan penerapan metode Index Card Match pada Mata Pelajaran Matematika kelas II MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak (2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Index Card Match Mata Pelajaran Matematika kelas II MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak (3) Mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Index Card Match pada Mata Pelajaran Matematika kelas II MI Nahdlatussubban Ploso Karangtengah Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research yang bersifat kualitatif, dimana peneliti mengamati secara langsung ke tempat penelitian. Sedangkan peneliti menggunakan pendekatan studi kasus dimana peneliti melakukan pengumpulan data secara mendalam. Adapun tekhnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses penerapan metode Index Card Match pada pembelajaran Matematika dapat dilakukan dalam 2 tahap yaitu mulai dari perencanaan dan pelaksanaan. Pertama, proses perencanaan yaitu memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi, siswa dan komponen lain dalam pembelajaran. Guru menentukan materi yang akan digunakan, membuat RPP dengan menggunakan metode Index Card Match, menyiapkan media, membuat skenario pelaksanaan yang akan digunakan, dan menyusun alat evaluasi pembelajaran. Kedua, proses pelaksanakan pembelajaran Matematika menggunakan metode Index Card Match yaitu dengan cara mencari pasangan berdasarkan pada permainan kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban. Kemudian siswa mencari jawaban dan soal berdasarkan tulisan yang mereka peroleh lalu mencocokkan kedua kartu tersebut. (2) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Index Card Match pada Mata Pelajaran Matematika kelas II dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang tinggi dan berkualitas karena metode ini sesuai dengan kondisi kelas dan keadaan siswa. Sebelum menerapkan metode Index Card Match hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika belum sepenuhnya maksimal karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan saja yang membuat siswa bosan dalam pembelajaran. (3) . Faktor pendukungnya yaitu kemampuan guru dalam penggunaan metode Index Card Match serta antusias siswa saat pembelajaran peserta didik merasa tertarik dan senang ketika proses pembelajaran menggunakan metode Index Card Match. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu siswa tidak memperhatikan guru, siswa kurang aktif saat pembelajaran dan kurangnya durasi waktu yang digunakan dalam penerapan metode Index Card Match.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilowati, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match, Hasil Belajar, Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 02:21
Last Modified: 22 Oct 2023 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item