Pemanfaatan Media Pop-up Book pada Materi Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Fatkhul Ulum Pelang Mayong Jepara

Wahyuni, Selvy (2023) Pemanfaatan Media Pop-up Book pada Materi Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Fatkhul Ulum Pelang Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (670kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk megetahui implementasi dari media pembelajaran Pop Up Book pada materi membaca dan menulis mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I MI Fathul Ulum Pelang Mayong Jepara. 2) Untuk megetahui hasil belajar pada kemampuan kompetensi materi membaca dan menulis mata pelajaran bahasa Indonesia dengan media pop-up book di kelas I MI Fathul Ulum Pelang Mayong Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan primer informan. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas I dan siswa kelas I MI Fathul Ulum Pelang Mayong Jepara dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif, peneliti menggunakan uji kredibilitas data dilakukan dengan cara triangulasi. Triangulasi dalam pengujian kredibilitas diartikan sebagai pengecekan data, triangulasi yang digunakan oleh peneliti diantaranya Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Waktu. Analisis data dari penelitian ini disajikan serta dianalisis dengan menggunakan tiga langkah yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan media pop-up book sebagai media pembelajaran membaca dan menulis di MI Fathul Ulum Pelang Mayong Jepara mampu menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, karena media pop-up book memiliki gambar menarik disetiap halamannya dan materi yang disampaiakan juga mudah dipahami. Dalam penelitian ini ketika guru menyampaikan materi dengan memanfaatkan media pop-up book, peneliti menemukan dua inovasi baru yaitu 1)Kemampuan mengakomodasikan penyajian stimulus yang tepat kepada siswa sebelum pembelajaran dengan cara menyusun penglaman pembelajaraan yang membuat siswa mendeskripsikan kehidupan diluar sekolah seperti tempat, kegiatan, dan benda-benda yang berhubungan dengan kehidupan pribadi siswa. 2)Kemampuan mengakomodasikan umpan balik siswa dengan cara berkomunikasi langsung yang berpusat pada siswa sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa sehingga lebih tepat sasaran. Kemampuan belajar mandiri siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membaca dan menulis menunjukkan hasil yang positif, karena 33 dari 42 siswa yang mendapat nilai tuntas mereka dapat mengaplikasikan cara menulis kata yang benar serta sudah mampu melafalkan huruf dengan baik dan dapat melafalkan gabungan huruf diftong vocal (nya, ngu,). Dari indikator kesulitan membaca dan menulis siswa yang belum tuntas mereka masih belum bisa membaca dan menulis dengan mematikan huruf diakhir kata serta belum bisa membedakan huruf “f” dan “v” atau huruf “b” dan “d”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZafi, Ashif AzUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pop-up book, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kemampuan Membaca, Menulis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 02:31
Last Modified: 22 Oct 2023 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11211

Actions (login required)

View Item View Item