Pemanfaatan Website biliksantri.com dalam Literasi Islam (dakwah bil qalam) pada Kader IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang (PAC) Mayong

Murtadho, Ali (2023) Pemanfaatan Website biliksantri.com dalam Literasi Islam (dakwah bil qalam) pada Kader IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang (PAC) Mayong. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (999kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (663kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (612kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (559kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (349kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)

Abstract

Perubahan zaman, menuntut segala sesuatu didukung oleh teknologi, begitu juga dalam berdakwah. Dalam islam, berdakwah hukumnya adalah wajib. Dengan berdakwah maka akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas. Saat ini dakwah dapat dilakukan dengan bantuan teknologi internet untuk memberikan pengetahuan, membuka wawasan dan mengajak kebaikan kepada masyarakat luas. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan media Website biliksantri.com. Website dapat mengjangkau orang diseluruh dunia dengan waktu yang cepat dan singkat, tentu sangat efektif dan efisien untuk dikerjakan apalagi niat utama adalah berdakwah. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi website biliksantri.com yang dikelola PAC Mayong untuk meningkatkan kemampuan para kader IPNU-IPPNU dalam berliterasi Islam. 2) Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat implementasi website biliksantri.com yang dikelola PAC Mayong untuk meningkatkan kemampuan para kader IPNU-IPPNU dalam berliterasi Islam. Penelitan ini menggunakanjenis penelitian lapangan (field research) dengan metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus PAC dan anggota. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Implementasi yang dilakukan oleh pihak PAC yaitu dengan cara bergantian untuk mewajibkan anggota IPNU-IPPNU menciptakan karya yang bisa di terbitkan dan di akses melalui website biliksantri.com. Pada proses implementasinya banyak sekali kelas yang bisa diikuti oleh anggota IPNU-IPPNU agar bisa meningkatkan kemampuan para kader dalam berlitersi Islam diantaranya seperti adanya kelas opinini, kelas sastra dan kelas berita yang bisa diikuti anggota IPNU-IPPNU. Kedua, Ada beberapa faktor pendukung dalam implementasi website biliksantri.com diantaranya ialah: 1) adanya fasilitas yang diberikan, 2) Adanya pelatihan dalam membuat karya tulis. Selanjutnya pada faktor penghambat implementasi website biliksantri.com yang dikelola PAC Mayong untuk meningkatkan kemampuan para kader IPNU-IPPNU dalam berliterasi Islam meliputi 1) lingkungan dari anggota IPNU-IPPNU, 2) kondisi sosial dan 3) dari diri mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubasyaroh, MubasyarohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Website biliksantri.com, Kemampuan Berliterasi Islam, Dakwah Bil Qalam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 02:38
Last Modified: 22 Oct 2023 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item View Item