Evaluasi Program Pembiasaan Karakter Religius di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus

Kholiq, Nor (2023) Evaluasi Program Pembiasaan Karakter Religius di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (647kB)
[img] Text
03. Daftar Isi.pdf

Download (344kB)
[img] Text
04. BAB-1.pdf

Download (627kB)
[img] Text
05. BAB-2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB-3.pdf

Download (530kB)
[img] Text
07. BAB-4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB-5.pdf

Download (547kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian tesis ini berfokus pada evaluasi program pembiasaan karakter religius, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan program pembiasaan karakter religius, mendeskripsikan dampak dari penerapan program pembiasaan karakter religius terhadap santri, dan menemukan sejauh mana efektivitas program tersebut melalui evaluasi program pendidikan di Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan skema evaluasi program model illuminatif yang menekankan pada judgement berdasarkan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi menyeluruh, wawancara terstruktur dan dokumentasi secara langsung di lapangan. Subjek dalam penelitian ini meliputi pengasuh pondok, dewan asatidz dan santri. Evaluasi yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu yang dikembangkan berdasarkan perilaku yang dapat diamati dari dampak/hasil dari program pembiasaan karakter religius. Teknik analisis data menggunakan model deskriptif dan dipadukan dengan evaluasi model illuminatif yang menekankan pada judgement. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa pertama, program pembiasaan karakter religius dilaksanakan dalam beberapa bentuk kegiatan yaitu: pembiasaan shalat berjama’ah, wirid dan do’a bersama, shalat sunnah, tahfidzul Qur’an, pembacaan asmaul husna, kajian kitab kuning, istigostah, nadhom-an adab kepada guru, pembiasaan 5 S, dan tauladan kepada sesama. Kedua, dampak adanya program pembiasaan karakter religius santri yaitu mampu membentuk karakter yang positif seperti halnya: taat kepada Allah SWT, ikhlas dalam beramal, percaya diri dan kreatif, disiplin, bertanggung jawab dan jujur, serta saling menghormati antar sesama. Ketiga, hasil evaluasi berdasarkan kriteria yang telah disusun peneliti menunjukkan hasil bahwa program pembiasaan karakter religius efektif dalam membentuk karakter religius santri. Namun, dalam proses implementasinya pihak lembaga pendidikan perlu melakukan tindak lanjut yaitu: menyusun pedoman program, menyusun tujuan program secara rinci, mengomunikasikannya dengan wali santri secara efektif, menyusun jadwal evaluasi program, dan mengembangkan sarana dan prasarana pendukung program.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Pembiasaan, Karakter Religius
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 02:41
Last Modified: 22 Oct 2023 02:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11215

Actions (login required)

View Item View Item