Sabit, Ahmad (2023) Inovasi Pembelajaran PAI di SD Negeri Gebangarum 1 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (979kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (157kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (308kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (146kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (339kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya inovasi dalam pembelajaran PAI. Tujuannya agar peserta didik tidak mengalami kebosanan, dan dapat belajar dengan menyenangkan. Sehingga materi pembelajaran dapat diterima dengan lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam perencanaan inovasi pembelajaran PAI di SD Negeri Gebangarum 1 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak; 2) menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam penerapan inovasi pembelajaran PAI di SD Negeri Gebangarum 1 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak; dan 3) menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam implikasi inovasi pembelajaran PAI di SD Negeri Gebangarum 1 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research), yang mengharuskan seorang peneliti turun ke lapangan dan terlibat langsung dalam suatu penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, guru lain, tenaga perpustakaan, dan peserta didik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun keabsahan data digunakan teknik yang dikembangkan oleh Lincoln dan Guba yaitu : uji kredibilitas, uji transferabilitas, dan uji dependabilitas. Temuan dan hasil penelitian ini terdiri atas : 1) perencanaan inovasi pembelajaran PAI di SD Negeri Gebangarum 1 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak berjalan sesuai prosedur dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan perangkat pembelajaran lainnya oleh guru PAI, 2). pelaksanaan inovasi pembelajaran PAI di SD Negeri Gebangarum 1 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak dapat terlaksana dengan baik dan menyenangkan bagi peserta didik. Hal ini terjadi karena adanya inovasi pembelajaran di kelas dengan menampilkan aplikasi book creator yang memuat materi pembelajaran dalam bentuk audio visual pada slide proyektor, dan 3) implikasi inovasi dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Gebangarum 1 Kecamatan Bonang Kabupaten Demak terhadap prestasi peserta didik terbukti mengalami kemajuan yang baik. Hal ini terlihat dari perbandingan hasil penilaian antara tes tertulis awal pembelajaran (pre-test) dan tes tertulis akhir pembelajaran (post-test) peserta didik yang dilakukan oleh guru mengalami kemajuan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Pembelajaran, PAI | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > PAI | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 03:32 | |||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 03:32 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11227 |
Actions (login required)
View Item |