Dinamika Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Program Unggulan Taḥfiẓ Di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara

Hana, Yusrul (2023) Dinamika Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Program Unggulan Taḥfiẓ Di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (577kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (766kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (795kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (455kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan sejarah implementasi metode pembiasaan dalam program tahfid di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara, 2) Untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan dalam dinamika implementasi metode pembiasaan dalam program tahfid di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. 3)Untuk mendeskripsikan dampak implementasi metode pembiasaan terhadap program taḥfiẓ di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Informan dalam penelitian ini ialah kepala sekolah dan guru taḥfiẓ SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber yang dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Data yang diperoleh kemudian direduksi dan dipilih data yang sesuai dan data yang tidak sesuai dihilangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif model, yang terdiri atas reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (conclution drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa dinamika implementasi metode pembiasaan dalam program unggulan taḥfiẓ di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara yaitu : Sejarah Implementasi Metode Pembiasaan dalam Program Unggulan Taḥfiẓ di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara yakni Selama program taḥfiẓ berjalan, sekolah mengadakan perbaikan-perbaikan metode pembiasaan secara bertahap seperti dari periode awal, periode pandemi covid’19 dan periode setelah pandemi berakhir. Tahapan-Tahapan Metode Pembiasaan dalam Program Taḥfiẓ di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara terdiri dari 3 kegaiatan yaitu (a) kegiatan pendahuluan. (b) Kegiatan inti. (c) kegiatan penutup. Dampak Implementasi Metode Pembiasaan dalam Program Taḥfiẓ di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo Kalinyamatan Jepara, meliputi (a) Dampak Implementasi Metode Pembiasaan Terhadap Prestasi Taḥfiẓ di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo seperti hafalan terus bertambah, lebih teliti dalam membaca hal tajwidnya, dan panjang pendeknya. (b) Dampak Implementasi Metode Pembiasaan Terhadap Sikap Siswa Taḥfiẓ di SD UT Masyitoh Muslimat NU Bandungrejo, seperti displin, tertib, konsisten, spontan dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan,Program Unggulan, Taḥfiẓ
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 03:50
Last Modified: 22 Oct 2023 03:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11238

Actions (login required)

View Item View Item