Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Wasathiyyah Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU Ibtidaul Falah Tahun Pelajaran 2022/2023.

Nisa, Ristiana (2023) Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Wasathiyyah Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU Ibtidaul Falah Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (505kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (727kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (937kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) mengetahui strategi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam Wasathiyyah peserta didik MTs NU Ibtidaul Falah; 2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam Wasathiyyah pada peserta didik di MTs NU Ibtidaul Falah; dan 3) mengetahui hasil implementasi strategi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam Wasathiyyah pada perilaku peserta didik MTs NU Ibtidaul Falah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari kegiatan wawancara dengan informan yang meliputi kepala sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, guru dan siswa, observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam wasathiyyah pada peserta didik di MTs NU Ibtidaul Falah dilakukan dengan beberapa strategi yaitu: yang pertama melalui kegiatan belajar mengajar berupa menggunakan metode diskusi, menekankan penilaian afektif, dan mengawasi perilaku siswa, strategi yang kedua yaitu memaksimalkan peran guru yang berupa guru sebagai pendidik, guru sebagai penasihat, guru sebagai motivator, dan guru sebagai teladan, strategi yang ketiga yaitu dengan membuat peraturan tertulis maupun peraturan tidak tertulis, dan yang terakhir yaitu melalui program-program MTs NU Ibtidaul Falah, seperti melaksanakan program pemerintah, mengadakan pemilihan OSIS, ekstrakurikuler MC dan pidato, dan kegiatan spontan; 2) faktor pendukung proses tersebut yaitu adanya motivasi dari diri siswa itu sendiri, adanya motivasi dari luar dalam hal ini adalah orang tua, adanya dukungan dari kepala madrasah untuk setiap program yang dijalankan, adanya organisasi dan kegiatan sekolah yang mendukung, serta adanya materi pelajaran yang berkaitan langsung dengan nilai-nilai pendidikan Islam wasathiyyah. Sedangkan faktor penghambat dalam melakukan penanaman nilainilai pendidikan Islam wasathiyyah pada peserta didik di MTs NU Ibtidaul Falah adalah pengaruh lingkungan dan pengaruh media sosial yang sulit untuk dikontrol; 3) Perubahan perilaku peserta didik MTs NU Ibtidaul Falah setelah adanya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam wasathiyyah adalah peserta didik menjadi lebih disiplin, toleransi, tolong menolong, beradab, adil, dan senang bermusyawarah. Sedangkan perbedaan penelitian ini dengan penelitian terdahulu adalah penelitian ini dilakukan pada tingkat MTs dan berfokus pada strategi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam Wasathiyyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Siti MalaihaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Penanaman, Nilai, Islam Wasathiyyah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:01
Last Modified: 22 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item