Upaya Peningkatan Keterampilan Keberagamaan melalui Diklat Keagamaan di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Ajaran 2022/2023

Nikmah, Alfia Ainun (2023) Upaya Peningkatan Keterampilan Keberagamaan melalui Diklat Keagamaan di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Perbedaan tradisi keagamaan di berbagai daerah terutama tata upacara pernikahan dan tata upacara pemberangkatan jenazah lebih mengandalkan peran yang modin menyebabkan tidak memiliki generasi setelahnya dan didukung pembelajaran fiqih yang menekankan pada aspek kognitif saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Konsep Diklat Keagamaan di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara (2) Upaya MA Sabilul Ulum Mayong Jepara dalam meningkatkan keterampilan keberagamaan melalui Diklat Keagamaan pada tahun ajaran 2022/2023 (3) Faktor pendukung dan penghambat Diklat Keagamaan dalam meningkatkan keterampilan keberagamaan di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data wawancara diperoleh dari kepala madrasah, wakil bidang kurikulum, panitia diklat, instruktur, penguji, dan peserta diklat. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan upaya MA Sabilul Ulum Mayong Jepara dalam meningkatkan keterampilan keberagamaan melalui Diklat Keagamaan. Uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan yang tinggi, triangulasi, dan bahan referensi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Konsep Diklat Keagamaan di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara merupakan proses pendidikan dan pelatihan dalam rangka membentuk calon lulusan yang dapat meningkatkan keterampilan keberagamaan sebagai bekal dalam mengabdi di masyarakat. (2) Upaya MA Sabilul Ulum Mayong Jepara dalam meningkatkan keterampilan keberagamaan melalui Diklat Keagamaan pada tahun ajaran 2022/2023 dimulai dengan tiga tahap yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Proses pendidikan dalam Diklat dengan dengan memberikan materi melalui metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Adapun pelatihan diklat menggunakan metode demonstrasi, dan role playing. (3) Faktor pendukung dan penghambat Diklat Keagamaan dalam meningkatkan keterampilan keberagamaan di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Ajaran 2022/2023. Faktor pendukung keberhasilan Diklat Keagamaan terdiri dari instruktur daan metode diklat, kreativitas peserta diklat, pemenuhan fasilitas, penguatan pembelajaran Fiqih dan Fathul Mu’in, budaya madrasah, dan lingkup pondok pesantren. Faktor penghambat penyelenggaraan Diklat Keagamaan terdiri dari formasi tempat duduk peserta diklat, banyaknya tugas panitia, perbedaan karakter peserta diklat, dan kurang persiapan peserta diklat. Hasil penelitian tersebut dapat diharapkan MA Sabilul Ulum Mayong mampu melakukan manajemen diklat lebih baik lagi dan peserta diklat mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfif, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Keberagamaan dan Diklat Keagamaan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:19
Last Modified: 22 Oct 2023 04:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11264

Actions (login required)

View Item View Item