Kharismawati, Kharismawati (2023) Implementasi Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Tauhidiyah Sulang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (979kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (351kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (360kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (590kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (573kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (533kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (618kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (390kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berbagai permasalahan yang menunjukkan dalam pembelajaran IPS pemahaman siswa masih kurang atau masih rendah yang ditandai dengan berbagai masalah yang muncul selama proses pembelajaran dikelas seperti, nilai siswa yang rendah, banyak siswa yang masih sering bercanda dengan temannya saat proses pembelajaran telah dimulai, mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal, kurangnya pemahaman jadi terdapat siswa yang masih suka mencotek hasil temannya dan tidak ada keinginan untuk belajar mandiri, setelah guru menyampaikan materi tidak ada siswa yang mau bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mendapatkan informasi bagaimana langkah-langkah penerapan metode Team Quiz dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII Mts Tauhidiyah Sulang. 2) Mengetahui efektivitas metode Team Quiz dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII Mts Tauhidiyah Sulang. 3) Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Saat Menerapkan Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Mts Tauhidiyah Sulang. Penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Metode penelitian kualitatif juga dapat disebut sebagai penelitian naturalistic, karena dalam melakukan penelitian dilakukan pada suatu kondisi alami (natural setting). selain itu, juga disebut sebagai metode etnographi, karena pada awalnya metode kualitatif lebih banyak digunakan untuk meneliti bidang antropologi budaya, dan analisisnya serta data yang terkumpul memiliki sifat kualitatif. Dengan demikian, penelitian ini berfokus pada objek lapangan yang bertempat di Mts Tauhidiyah siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS. Pendekatan kualitatif adalah metode yang digunakan peneliti dengan menyajikan informasi atau data tentang implementasi metode Team Quiz dalam meningkatkan pemahaman siswa yang berupa kata-kata atau kalimat, yang berasal dari pengumpulan data awal seperti observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah terkumpul untuk kemudian dianalisis. Hasil penelitian yang didapat pemahaman siswa meningkat sehingga nilai siswa juga meningkat, siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS, dan siswa lebih disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode, Team Quiz, Pemahaman, Siswa, IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 04:27 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 04:27 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11268 |
Actions (login required)
View Item |