Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Literasi Budaya Dan Kewargaan Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran PPKN Di MI NU Suryawiyyah

Rahmawati, Eka Vina (2023) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Literasi Budaya Dan Kewargaan Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran PPKN Di MI NU Suryawiyyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (654kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (765kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (590kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (816kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (389kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang akan menganalisis tentang penerapan profil pelajar pancasila berbasis literasi budaya dan kewargaan dalam peningkatan keterampilan sosial peserta didik. Penelitian ini didasari oleh beberapa latar belakang permasalahan tentang karakter dan keterampilan sosial peserta didik. Keterampilan sosial saat ini sangat dibutuhkan dalam melakukan interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Keterampilan sosial akan sangat membantu seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mendapatkan hasil akhir yang valid dan konkrit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial para peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas IV, dimana sampel ini merupakan sampel keseluruhan dari populasi atau biasa disebut sampel jenuh. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik angket dan teknik dokumentasi. Pengumpulan data tersebut digunakan untuk mendukung hasil akhir dari penelitian ini. Setelah semua data didapatkan maka dilakukan pengujian untuk mendapatkan hasil akhir. Dalam penelitian ini implementasi profil pelajar pancasila dengan aspek bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif yang berbasis literasi budaya dan kewargaan dengan indikator permainan tradisional, penggunaan bahasa daerah, literasi buku cerita legenda dan pengenalan hak dan kewajiban berjalan dengan baik dengan nilai observasi sebesar 86,66%. Dan Keterampilan sosial dengan aspek bekerja sama, menghargai, berbagi, dan membantu orang lain dengan mengimplementasikan profil pelajar pancasila berbasis literasi budaya dan kewargaan mengalami perubahan yang positif dari kategori cukup ke kategori baik. Berdasarkan data yang didapat, hasil akhir yang didapatkan adalah signifikansi sig (2-tailed) 0.000 ˂ 0,05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan keterampilan sosial peserta didik kelas IV mata pelajaran PPKN dalam ilmplementasi profil pelajar pancasila berbasis literasi budaya dan kewargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkhsani, Eva Luthfi FakhruUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Literasi Budaya dan Kewargaan, Keterampilan Sosial
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:30
Last Modified: 22 Oct 2023 04:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item View Item