Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa Kelas XI MA PPKP Darul Ma'la Pati

Ramadhani, Alya Nur (2023) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa Kelas XI MA PPKP Darul Ma'la Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (749kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menyelidiki perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari resiliensi matematis siswa kelas XI MA PPKP Darul Ma’la Pati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA PPKP Darul Ma’la Pati dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji anova dua arah (Two Way Anova). Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberikan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional, 2) pada hipotesis kedua untuk kategori pendekatan diperoleh Sig. 0,001 < 0,05 dan untuk kategori resiliensi diperoleh Sig. 0,002 < 0,05 artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberikan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari resiliensi matematis siswa, 3) pada hipotesis ketiga menunjukkan nilai Sig. 0,244 > 0,05 artinya tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan resiliensi matematis terhadap kemempuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistik bernuansa etnomatematika berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa kelas XI MA PPKP Darul Ma’la Pati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, Resiliensi Matematis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:51
Last Modified: 22 Oct 2023 04:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item