Firdausyah, Fransisca Amelia (2023) Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Regulated Learning Pada Penguru OSIS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (382kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (604kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (394kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (768kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (365kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
Abstract
Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah mengetahui tentang keadaan Bimbingan dan Konseling di MA Sabilul Ulum Mayong, pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning pada pengurus OSIS di MA Sabilul Ulum Mayong, faktor pendukung dan penghambat, dan hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning pada pengurus OSIS di MA Sabilul Ulum Mayong. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menentukan subjek penelitian peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk memudahkan dalam penggalian data secara mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menguji keabsahan datanya teknik yang digunakan ialah menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Sedangkan data dalam penelitian ini dianalisis dengan menerapkan teknik Miles & Huberman, yakni dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan pengambilan keputusan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh ialah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang terlaksana dengan baik sesuai tahapan-tahapan layanan bimbingan kelompok dalam BK, yaitu tahapan pembentukan, tahapan peralihan, tahapan kegiatan, serta tahapan pengakhiran. Untuk faktor yang mendukung yakni adanya dukungan dari pihak madrasah baik berupa moral maupun moril, adanya antusias yang baik dari anggota kelompok, serta adanya guru BK yang berkompeten dalam menyampaikan materi yang menarik saat kegiatan bimbingan kelompok. Sedangkan faktor penghambatnya yakni waktu pelaksanaanya yang kurang efektif, kurangnya pemahaman diri dalam bersosialisasi pada pengurus OSIS, kurang meratanya pemberian materi pada pengurus OSIS, serta kurang kompaknya pengurus OSIS dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok. Adapun hasil dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning yakni pengurus OSIS menjadi lebih aktif pada saat berorganisasi di madrasah, percaya diri, meningkatkan kreativitas mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Self Regulated Learning, OSIS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 06:52 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 06:52 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11315 |
Actions (login required)
View Item |