Pengembangan Modul Proyek IPA bermuatan Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Area Pesantren untuk menumbuhkan Kreativitas Remaja Santriwati

Millah, Maliha Nafiatul (2023) Pengembangan Modul Proyek IPA bermuatan Pengolahan Limbah Minyak Jelantah Area Pesantren untuk menumbuhkan Kreativitas Remaja Santriwati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (760kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (648kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)

Abstract

Pendidikan IPA di pesantren bertujuan agar santriwati memiliki sikap ilmiah didalam mengenal alam sekitar dan memecahkan masalah yang dihadapinnya melalui proses atau metode ilmiah. Salah satu masalah yang sering dialami di lingkungan pondok pesantren ialah belum termanfaatkannya potensi dengan baik, termasuk limbah minyak jelantah. Limbah minyak jelantah ini dapat diolah melalui serangkaian pembelajaran IPA dengan model pembelajaran PjBL. Model pembelajaran project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menghasilkan suatu produk sehingga dapat mengasah kreativitas santriwati sebagai peserta didik di pendidikan pesantren. Kreativitas santriwati dapat ditumbuhkan dan dilatihkan, salah satunya melalui pembuatan proyek minyak jelantah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul proyek IPA bermuatan pengolahan limbah minyak jelantah area pesantren untuk menumbuhkan kreativitas remaja santriwati. Penelitian ini menggunakan prosedur R&D yang meliputi tahap define, design dan develop. Data dikumpulkan melalui pengumpulan angket (angket validasi ahli, angket penilaian produk, angket penilaian kreativitas, dan angket tanggapan implementasi). Subjek uji coba terdiri atas 16 santriwati kelas VII PKPPS Misbahul Qur’an. Hasil menunjukan (1) Berdasarkan Karakteristiknya , Modul proyek IPA dilihat dari (a) Karakteristik fisik (b) Karakteristik desain (c) Karakteristik konten dan konteks. Berdasarlan validasi ahli, Modul proyek IPA yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan secara materi, kebahasaan, dan penyajian dan memperoleh penilaian “sangat baik” dengan skor 0,88. Kondisi kreativitas remaja santriwati pada implemetasi Modul proyek IPA bermuatan pengolahan limbah minyak jelantah area pesantren secara keseluruhan pada kategori “sangat baik” yaitu dengan presentase 83% baik pada indikator kelancaran, keluwesan, orisinal, dan keterperincian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorImaduddin, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul proyek IPA, Limbah Minyak Jelantah, Kreativitas, Remaja Santriwati
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 06:55
Last Modified: 22 Oct 2023 06:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item