Tinjauan Kemaslahatan Terhadap Penggunaan Sisa Uang Belanja Konsumen Untuk Program Charity (Studi Kasus di Indomaret Purwogondo Jepara)

Ulyana, Ula (2023) Tinjauan Kemaslahatan Terhadap Penggunaan Sisa Uang Belanja Konsumen Untuk Program Charity (Studi Kasus di Indomaret Purwogondo Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (541kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (527kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme penggunaan sisa uang belanja konsumen untuk program Charity dan tinjauan kemaslahatan terhadap praktik tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pihak Indomaret yaitu Kepala Toko dan Kasir serta pelanggan di Indomaret Purwogondo Jepara. Sedangkan objek penelitiannya adalah praktik penggunaan sisa uang belanja konsumen untuk program Charity. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data serta verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Mekanisme penggunaan uang sisa belanja menjadi donasi yakni ketika terdapat uang sisa belanja konsumen sebesar Rp 100-500 sementara kasir Indomaret sedang kehabisan stok uang receh maka kasir akan meminta persetujuan kepada konsumen mengenai uang kembalian tersebut untuk didonasikan. Tidak ada pihak yang dirugikan terkait praktik tersebut dikarenakan transaksi tersebut dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak dan dilakukan atas dasar saling rela. Untuk penyaluran hasil donasi tersebut, Indomaret bekerja sama dengan Kementrian Sosial, Nahdlatul Ulama, serta yayasan yang berperan penting membantu orang-orang yang memiliki penyakit stadium dan disabilitas. 2) Menurut konsep maslahat, akad jual beli di Indomaret termasuk kategori jual beli mu’atah yang diperbolehkan menurut hukum Islam. akad dalam pengalihan uang kembalian menjadi donasi di Indomaret Kota Jepara dengan beberapa pertimbangan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan dalam muamalah yang dibuat untuk menghilangkan kesulitan pihak Indomaret yang kesulitan menyediakan uang receh dengan nominal dibawah Rp.1000 demi mendapatkan kemaslahatan maka dilihat dari maslahat akad demikian diperbolehkan karena berkaitan dengan kepentingan umum. Sementara jika ditinjau dari maslahat mengenai penggunaan uang kembalian menjadi donasi di Indomaret Purwogondo Jepara, secara maslahat penggunaan uang kembalian menjadi uang donasi di Indomaret Purwogondo Jepara diperbolehkan karena memiliki manfaat yang berlaku untuk kemanfaatan umum dan tidak bertentangan dengan ketentuan nash maupun ijma’.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNuha, UlinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sisa Uang Belanja; Maslahat; Transaksi;Charity
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:00
Last Modified: 22 Oct 2023 07:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11321

Actions (login required)

View Item View Item