Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Kudus

Khasanah, Uswatun (2023) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (745kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (728kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (893kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (950kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (443kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model discovery learning, menganalisis kemampuan bernalar kritis, dan untuk menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan bernalar kritis peserta didik kelas IV mata pelajaran IPA di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berupa quasi exsperimental design bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan jenis simple random sampling dengan jumlah sampel 42 peserta didik terdiri dari 21 peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol dan 21 peserta didik kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data menggunakan instrumen angket dan tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen dan kontrol relatif sama yakni dengan nilai 53,57 dan 52,62. Adapun nilai rata-rata postest kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol dengan nilai sebesar 77,14 dan 65,48. Hasil penilaian penerapan model discovery learning diperoleh bahwa model discovery learning dapat diterapkan dengan sangat baik di kelas IV dengan presentase antara 86%-100%. Adapun hasil kemampuan bernalar kritis peserta didik kelas eksperimen jauh lebih ungggul daripada kelas kontrol yang hanya menggunakan model konvensional, yakni diperoleh presentase antara 76%-85% kategori baik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan bernalar kritis peserta didik kelas IV mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Kudus. Hasil tersebut didasarkan pada uji regeresi linier sederhana yang didapatkan persamaan regresi 12,050 + 0,315X. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa model discovery learning memiliki hubungan yang positif dengan besar pengaruh yang diberikan terhadap kemampuan bernalar kritis sebesar 25,6%. Selain itu, juga ditunjukkan jika Fhitung > Ftabel (6,547 > 4,38) dan tingkat signifikasi untuk model regresi 0,019 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model, Discovery Learning, Kemampuan Bernalar Kritis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:19
Last Modified: 22 Oct 2023 07:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11331

Actions (login required)

View Item View Item