Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Pada Persaingan Bisnis Lembaga Keuangan di KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra Jepara

Hasanah, Uswatun (2023) Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Eksistensi Pada Persaingan Bisnis Lembaga Keuangan di KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (745kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (728kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (893kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (950kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (443kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang digunakan KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra Jepara dalam mempertahankan eksistensi pada persaingan bisnis lembaga keuangan saat ini, serta kendala apa yang dihadapi saat memasarkan dan mempertahankan eksistensinya dan bagaimana solusi yang digunakan untuk menghadapi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field reseach dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui data primer (berkaitan dengan subjek penelitian) dan data sekunder (berkaitan dengan literatur yang berhubungan dengan objek penelitian). Adapun objek penelitian ini adalah KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra Jepara dan subjeknya adalah manajer dan karyawan KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra Jepara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strateigi peimasaran yang diguinakan oleih KSPPS Artha Yasmin Az-Zahra Jeipara dalam meimpeirtahankan eiksisteinsi pada peirsaingan bisnis leimbaga keiuiangan meingguinakan strateigi STP (Seigmeinting, Targeitting, Positioning) dan juiga uinsuir taktik bauiran peimasaran (Markeiting Mix) 7P yang teirdiri dari strateigi produik (produict), starteigi harga (pricei), starteigi promosi (promotion), strateigi teimpat (placei), starteigi proseis (proceis), strateigi SDM (peioplei), dan starteigi buikti fisik (phisical eivideincei). Dari sekian banyaknya strategi pemasaran yang digunakan, yang paling berpengaruh yaitu strategi promosi (promotion) dan strategi SDM (people). Adapuin keindala yang dihadapi yaitui peirsaingan antar leimbaga keiuiangan, tingkat keipeircayaan masyarakat, dan kuialitas suimbeir daya manuisia. Soluisi dalam meingatasi keindala tersebut yaitu meilakuikan inovasi produik dan meiluincuirkan produik barui, meinjaga nama baik kopeirasi dan meiningkatkan kuialitas peilayanan, seirta meingadakan peilatihan uintuik meiningkatkan suimbeir daya manuisia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, MundakirUNSPECIFIED
Thesis advisorRumanto, AgepUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Eksistensi, Persaingan, Lembaga Keuangan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:28
Last Modified: 22 Oct 2023 07:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11337

Actions (login required)

View Item View Item